Bantu Tingkatkan Hasil Pengrajin Tembaga di Barru, Ini yang Dilakukan Dosen Unibos

Dosen Unibos melakukan pendampingan terhadap pengrajin tembaga di Barru dan hasil karya pengrajin tembaga / foto: handover

CELEBESMEDIA.ID, Barru - Salah satu Dosen Universitas Bosowa (Unibos) kembali melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kali ini dosen pengabdi Unibos, Palipada Palisuri MSi bersama Dr Hermawaty Abubakar MM, membantu pengembangan pendapatan pengrajin perhiasan tembaga di Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru.

Dalam rilis yang diterima CELEBESMEDIA.ID, Rabu (20/2/2019), pengabdian ini turut melibatkan pengrajin perhiasan berbahan baku tembaga dan para pengumpul tembaga bekas. Dengan melakukan pengabdian masyarakat, dosen Unibos memberikan pendampingan dan pembinaan terhadap para pengrajin, khususnya pelatihan kewirausahaan dan proses bisnis berupa manajemen keuangan, produksi, inovasi, dan pemasaran. 

“Kami melakukan kegiatan ini dengan tujuan agar dapat meningkatkan pendapatan pengrajin tembaga dan pengumpul barang bekas. Ke depan kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut agar menjadi salah satu cara untuk penyerapan tenaga kerja juga melestarikan budaya pengrajin menjadi usaha turun temurun di Desa Kupa,” kata Palipada Palusuri.

Dalam proses pendampingan yang dilakukan, dosen Unibos turut membantu pengrajin tembaga memanfaatkan limbah tembaga yang terbuang begitu saja untuk menghasilkan berbagai jenis perhiasan (gelang, kalung, dan lannya).

“Tahap selanjutnya kami membantu dalam proses pembinaan bisnis online,” tambah Dr Hermawaty Abubakar MM. 

Pendampingan ini disambut baik warga Desa Kupa. “Kegiatan ini sangat memberi tambahan pengetahuan bagi kami. Dan dengan perkembangan ini tentunya kami sudah dapat bersaing dengan yang lain dan bisa mambentu meningkatkan hasil pendapatan kami,” kata salah satu pengrajin, Ramli.(*)