Mahasiswa FT Unibos Bahas Progres Kereta Api Makassar-Parepare

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Fakultas Teknik Universitas Bosowa (Unibos) mengadakan sharing session tentang Progres dan Pencapaian Pembangunan Kereta Api Makassar-Parpare di Auditorium Aksa Mahmud Lantai 9 Gedung II Unibos, Senin (19/08/2019). Melalui kegiatan ini, Unibos ajak mahasiswanya menambah wawasan tentang dunia keteknikan.

FT Unibos menghadirkan empat pemateri, yaitu Kasubdit Pengembangan Jaringan Lalulintas Angkutan Kereta Api, Ikhsandiwanto Hatta MT; Ketua Masyarakat Perkereta Apian Sulawesi Selatan, Dr Yusran Ramli; Dekan Fakultas Teknik Unibos, Dr Ridwan; dan Perwakilan PT Celebes Indonesia Bayu.

Keempat pemateri tersebut saling membagi wawasan kepada 73 mahasiswa FT Unibos yang hadir tentang bagaimana proses dalam dunia keteknikan khususnya perkeretaapian.

"Sekarang kereta api Makassar- Parepare memang banyak dibahas masyarakat. Tetapi perlu kita ketahui ini merupakan program nasional yang pastinya akan terus dilanjutkan hingga tahap pengembangan selesai," kata Ikhsandiwanto Hatta MT.

"Saat ini memasuki tahap 1 dengan jangka jarak kereta yang mencapai 40 km dari Makassar ke Parepare. Selanjutnya akan dilakukan pengembangan untuk kawasan daerah Pangkep dan Maros dengan kejauhan jarak 50 km," tambahnya.

Sementara itu, Dr Yusran Ramli mengungkapkan bahwa yang perlu ditekankan adalah sosialisasi di masyarakat harus intensif. "Agar masyarakat paham bahwa infrastruktur yang kita bangun ini perlu proses yang panjang dengan kualitas yang harus teruji," paparnya.

"Karena ini bukan hanya akan dipakai untuk generasi kita saat ini, tetapi ini asset negara asset cucu kita agar mereka tetap bisa nikmati kelak. Kami targetkan KA Makassar-Parepare akan rampung di tahun 2021," ungkapnya.

Sebagai ketua panitia pelaksana yang juga Dosen FT Unibos, Thamrin Mallawangeng, berharap kegiatan ini akan menambah wawasan para mahasiswa.

"Ke depan kami berharap untuk membantu pengembangan proses, pengawasan dan operasional KA ini diharapkan adanya kerjasama antara Unibos dan Pihak KA untuk mahasiswa agar mahasiswa kelak dapat berkontribusi dalam pembangunannya, pengawasannya hingga pengembangannya," katanya.