Dilarang Kuliah, Mahasiswi Ini Buktikan Jadi Lulusan Terbaik 2019

Sarina Sangkala - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Menempuh jenjang pendidikan tertinggi tentu menjadi harapan semua orang. Apalagi mampu menjadi lulusan terbaik disebuah Universitas.

Salah satunya yang diraih Sarina Sangkala, mahasiswi Fakultas Bahasa Asing, Jurusan Bahasa Inggris yang mampu menjadi lulusan terbaik pada wisuda di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar tahun 2019. Ia menjadi lulusan terbaik dengan nilai IPK 3.94 mengalahkan ribuan mahasiswa lainnya.

Bagi Sarina, menjadi lulusan terbaik tak semudah yang dibayangkan banyak orang. Pasalya, ia hanya merupakan seorang anak petani dari Sangkala dan Sanati asal Kabupaten Maros. Bahkan kedua orang tua Sarina meminta anaknya untik tidak melanjutkan pendidikan di tingkat Universitas lantaran tak memiliki biaya.

"Orang tua dulu meminta saya untuk tidak usah kuliah, tapi  saya punya keinginan untuk kembali sekolah dan belajar. Alhamdullilah saat penguman nama saya masuk," kata Sarina, Senin (17/6/2019).

Karena keinginan yang kuat Sarina harus bekerja di sebuah toko pakaian untuk membayarkan uang kuliahnya selama berada di UMI Makassar. Tak hanya itu, ia juga harus hidup sendiri dengan tinggal di rumah kos dengan makan seadanya agar bisa terus kuliah hingga selesai.

"Saya tinggal di kos di Makassar kak. Ya ada uang seadaanya kita simpan saya utamakan uang kuliah dulu," jelasnya, dalam rilis yang diterima CELEBESMEDIA.ID.

Sementara itu, Rektor UMI Makassar, Prof Basri Modding mengatakan menjadi kebanggaan UMI Makassar kembali melahirkan alumni terbaik. Para alumni ini diharapkan mampu menjadi duta UMI di masyarakat dan memiliki peran luar biasa bagi kehidupan sekarang dan akan datang.

"Harapan kita alumni dia menjadi duta UMI di masyarakat dan mengabdikan diri, bahwa alumni UMI itu memilki peran luar biasa mengembangkan hari ini dan masa depan," serunya.

Untuk Wisuda Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar tahun 2019 mencetak sebanyak 2906 alumni. Alumni ini terdiri dari 17 program studi yang ada dengan jenjang pendidikan Sarjana, Master dan Doktor.