Rocky Gerung Hadir di Unibos Karena ‘Akal Sehatnya’

Rocky Gerung, akademisi sekaligus pengamat politik akan membawakan kuliah umum di Unibos, Rabu (19/12/2018) - (foto by Ria)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Rocky Gerung adalah seorang akademisi yang kini lebih dikenal sebagai pengamat politik. Komentar-komentarnya yang kontroversial pada pelbagai kesempatan membuatnya menjadi sosok terkenal di panggung diskusi dan panggung perdebatan politik.

Pada 2010 lalu melalui pidato kebudayaannya, dosen di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia sempat menghebohkan masyarakat dengan menggunakan istilah ‘Akal Sehat’. Berasal dari istilah kontroversial tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Bosowa (Fisipol Unibos) Makassar mengadakan Kuliah Umum dengan mengangkat tema ‘Dari Timur Terbit Akal Sehat’.

Ditemui CELEBESMEDIA.ID, Dekan Fisipol Unibos, Arief Wicaksono mengatakan, ada masyarakat yang tidak paham dengan maksud ‘Akal Sehat’ yang dilontarkan pria kelahiran lahir di Manado, 20 Januari 1959 itu. “Temanya, ‘Dari Timur Terbit Akal Sehat.’ Itu tadi, kita ini orang timur, orang di Sulawesi Selatan, kita tidak pernah paham sebetulnya Akal Sehat seperti apa sih, yang dimaksud oleh Pak Rocky itu,” jelas Arief, Selasa (18/12/2018).

Ia pun menambahkan, dirinya berharap akan ada semacam wawasan baru yang diberikan oleh Rocky Gerung pada kuliah umum yang dilaksanakan di Balai Sidang 45 Unibos, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, pukul 09.00 Wita, Rabu (19/12/2018) besok.