HAN 2019, Anak Ditekankan Jadi Pelopor dan Pelapor

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA), menghadiri pembukaan pertemuan Forum Hari Anak Nasional (FAN) 2019 di Taman Lakipadada, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jumat (19/7/2019). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019.

Dalam kegiatan ini turut Hadir Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani; Ketua PKK Sulsel, Lies F Nurdin; Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA, Lenny N Rosalin; dan Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi Dan Partisipasi Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KPPPA), Lies Rosdianty.

Adapun FAN akan berlangsung hingga 23 Juli 2019. Makassar bertindak sebagai tuan rumah dan dihadiri perwakilan 34 provinsi se-Indonesia.

Pembukaan acara ini diisi dengan berbagai persembahan seni dari anak seperti lagu tarian dan pembacaan doa lintas agama serta puisi.

Acara pembukaan dilakukan oleh Gubernur dengan pemukulan gendang.

"Kegiatan FAN ini merupakan ajang silaturahmi bersama anak-anak bangsa yang terkumpul dari 514 kabupaten/kota," kata NA dalam sambutannya, Jumat (19/7/2019) malam.

Selain untuk menjalin tali silaturahmi antara anak-anak bangsa yang terkumpul dari 514 kabupaten/kota, Nurdin Juga mengatakan even Forum Anak Nasional ini bertujuan untuk mendorong motivasi anak anak agar menjadi anak yang kreatif pula inovatif.

"Dengan forum anak ini akan mendorong anak-anak Indonesia untuk semakin inovatif semakin berkarya dan semakin kreatif untuk mendorong kemajuan bersama," kata NA.

Sementara itu, Ketua Deputi, Lenny N Rosalin, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan anak anak di seluruh Indonesia sebagai agen pelopor dan pelapor terkait hal-hal yang dialaminya.

"Sebagai pelopor dan pelapor, kalian bisa melaporkan semua yang kalian alami teman-teman kalian alami dan juga apabila kalian melihat hal-hal yang melanggar hak-hak anak sebagai pelopor yaitu sebagai agen perubahan dengan melibatkan forum anak," katanya.

Sesuai jadwal, kegiatan ini akan berlangsung dua hari dan bertempat di Lapangan Karebosi, Benteng Rotterdam, Rujab Gubernur, Hotel Four Point by Sheraton, dan Pantai Akkarena.