Kafe di Makassar Ini Suguhkan Konsep Ramah Lingkungan

ARA . 15-11-2019, 16:00

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kampanye untuk mengurangi pengunaan palstik hingga meminimalisir sampah plastik, kini rupanya tak hanya digaungkan oleh para aktivis dan kelompok-kelompok pecinta lingkungan di Makassar. Sejumlah pengusaha pun telah melakukan gerakan serupa. Pemantauan CELEBESMEDIA.ID, beberapa rumah makan di Kota Makassar, bahkan  ada yang tidak lagi menyediakan sedotan plastik.

Kepada CELEBESMEDIA.ID, Jumat (15/11/2019), Shesie Erisoya, pemilik Coffee Onkel John, mengungkapkan bahwa sampah plastik sudah menjadi persoalan besar yang mengancam kehidupan. Tak hanya mengancam kehidupan manusia, namun juga makhluk lainnya di bumi. Untuk itu diperlukan upaya bersama mengurangi sampah plastik tersebut.

Kafe milik Shesie terletak di jalan Lanto Dg.Pasewang Makassar. Banyak tulisan tentang perlawanan terhadap sampah plastik, termasuk ornamen hiasan yang terbuat dari plastik di kafe yang secara resmi dibuka pada 27 September 2019 tersebut. "Ide awal konsep ini berawal dari inisiatif saya sendiri, karena ingin mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah plastik. Ya kita hiasin plastik sebagai bentuk dukungan mengurangi plastik, kita coba menggunakan yang mudah dicerna,"  kata Oya sapaan akrabnya.

Sampah plastik sendiri bagi Oya, sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, apalagi plastik hanya dapat digunakan sekali saja. Itu alas an hingga cafenya menggunakan sedotan stainless straw sebagai pengganti sedotan plastik. "Intinya kita coba membantu untuk mengurangi sampah plastik. Dengan begitu, kita bisa mengkampanyekan hal yang kecil tentang plastik, sedikit-sedikit," jelasnya.


Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment