Jaga Semangat Persatuan, Unibos Berikan Jaminan Keamanan untuk Mahasiswa Asli Papua

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebagai upaya menanggapi isu konflik kebangsaan dan dalam rangka menjaga persatuan juga kesatuan Republik Indonesia, Universitas Bosowa (Unibos) dibawah dukungan Bosowa Education (BE) memberikan bantuan jaminan keamanan bagi mahasiswa asli Papua yang kuliah di Unibos. Hal ini diungkapkan Wakil Rektor III Unibos, Dr Abd Haris Hamid MH, Selasa (20/8/2019).

Menurut Abdul Haris, ini dilakukan untuk menjaga kondusivitas terkait isu yang saat ini telah menyebar di kalangan masyarakat tidak dapat diabaikan. Kaum akademisipun harus mengambil tindakan. Sebab terjadi satu kerusakan di daerah manapun selama masih berada di bawah bendera Merah Putih maka kerusakan tersebut juga menjadi kerusakan bersama sebagai satu bangsa.

“Sebagai salah satu kampus yang memiliki mahasiswa asli Papua, maka kami berinisiatif mengambil tindakan untuk menjaga situasi. Ini juga telah menjadi arahan CEO Bosowa Education untuk tetap menjadikan Unibos sebagai kampus nasionalis dan tetap memberi toleransi bagi seluruh suku, agama, budaya dan ras yang ada di Unibos,” ungkap Haris dalam keterangannya.

“Khusus untuk menanggapi isu konflik Papua, pihak Unibos dan jajaran pimpinan fakultas juga telah mengambil langkah memberikan bantuan jaminan keamanan sementara bagi mahasiswa Unibos asli Papua. Bantuan jaminan keamanan ini akan diberikan kepada mahasiswa baik saat sedang berada dalam lingkup internal Unibos maupun diluar kampus Unibos,” tambahnya.

“Kita ini seperti rumput kering di musim kemarau, bisa cepat terprovokasi. Jadi kami juga menghimbau kepada mahasiswa kami untuk sama-sama menahan diri dan jangan cepat terpancing,” ujar Abdul Haris.

Pada kesempatan ini, selaku Wakil Rektor yang bergerak pada bidang kemahasiswaan juga menyampaikan beberapa harapan antara Unibos dan Bosowa Education.

“Kita harus terus menumbuhkan semangat kesatuan dan persatuan juga berupaya sebisa mungkin menghindari konflik internal. Jika mahasiswa Unibos aslia Papua diluar sana merasa terganggu, maka segera melaporkan diri ke bidang kemahasiswaan Unibos. Karena pihak pimpinan telah mengambil langkah memberikan bantuan keamanan hingga konflik terurai,” ungkapnya.(*)