Terpukau Parade Budaya, Nurdin Abdullah Ajak Kolaborasi Festival Pesona Lokal pada HUT Sulsel

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, terpukau dan mengapresiasi kegiatan Parade Karnaval Budaya pada pembukaan Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 di halaman parkir Mal Phinisi Point (Pipo) Makassar, Sabtu (12/10/2019).

Festival Pesona Lokal merupakan program CSR Adira Finance bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) yang bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal suatu daerah. Tahun ini merupakan kedua kalinya FPL digelar.

Parade ini menampilkan atraksi kekayaan budaya Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan, dan tidak ketinggalan terdapat pula atraksi kekayaan kebudayaan dari Maluku & Papua mulai dari baju adat, musik tradisional, hingga pertunjukan kesenian khas. Parade ini melibatkan sekitar 700 orang.


Melihat kekayaan budaya bangsa ini, Nurdin Abdullah mengajak Adira Finance berkolaborasi agar kegiatan seperti FPL juga bisa menyemarakkan HUT Sulsel ke-350 pada 19 Oktober nanti.

"Bagus kegiatan seperti ini, menampilkan budaya lokal dari berbagai daerah. Ini menandakan bangsa kita ini kaya akan budaya dan ini harus dilestarikan," kata Nurdin.

Adira Finance selaku penyelenggara menyambut baik hal tersebut.

"Kita bersyukur karena kegiatan FPL ini mendapat respon positif dari pemerintah, bukan saja di Sulsel tapi juga daerah lainnya. Kita lagi mencari format agar gaung dari kegiatan ini jauh lebih lebih efektif dan bersyukur pemerintah mengajak kolaborasi. Kita akan diskusikan bagaimana caranya agar dampak dari Festival Pesona Lokal ini jauh lebih besar lagi," ucap Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila.

"Semoga kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa cinta akan budaya dan kearifan lokal yang kita miliki dan juga berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya," tambahnya.

I Dewa Made juga berharap agar kegiatan ini terus berkesinambungan agar budaya lokal tetap lestari, tidak punah oleh perkembangan jaman dan teknologi.

Festival Pesona Lokal Makassar yang tahun ini bertajuk “Rasakan Sensasi Pesona Lokal” juga mengajak masyarakat untuk turut mempromosikan pariwisata dan kearifan lokal daerah Sulawesi Selatan.

Selain Parade Karnaval Budaya, FPL 2019 mengadakan Lomba Tari Lokal Kontemporer yang diikuti sekitar 100 peserta, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media desain tampah bambu dengan jumlah 30 peserta, dan Kompetisi ala Selebgram Lokal yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung.


Selain itu, pengunjung Festival Pesona Lokal Makassar juga disuguhkan dengan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner dan kerajinan khas Sulawesi yang inovatif dan kreatif.

Area Festival Kuliner dan Foodtruck menjajakan berbagai makanan termasuk makanan khas Sulawesi, tidak ketinggalan, terdapat pula area test drive untuk masyarakat yang ingin menjajal kendaraan roda dua dari berbagai merek.