Mengenal Sejarah Makassar Lewat Benteng Rotterdam

Ariani . 08-12-2018, 03:20
Pengunjung Benteng Rotterdam / foto: Ariani

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Salah satu ikon sejarah kota Makassar adalah Benteng Rotterdam. Terletak di Jalan Ujung Pandang, benteng ini adalah salah satu peninggalan sejarah Kerajaan Gowa-Tallo.

Namun, pada tahun 1667 Kerajaan Gowa menyerahkan Benteng Ujung Pandang kepada Belanda. Sejak pasukan Belanda menempati benteng itulah, nama Benteng Ujung Pandang berubah menjadi Fort Rotterdam hingga sampai saat ini.

Bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang berlibur ke Kota Daeng, Makassar, tidak lengkap rasanya jika tak mengunjungi Benteng Rotterdam. Pasalnya Benteng ini memiliki banyak sejarah yang memberikan banyak informasi kepada wisatawan tentang kota Makassar.

“Kami berkunjung ke sini karena kegiatan study tour dari sekolah, bersama dengan guru kami, dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel),” ujar salah satu Siswi, Reni.


Pengunjung Fort Rotterdam / foto: Ariani

Kepada CELEBESMEDIA.ID, Sabtu (8/12/2018), Reni mengatakan kegiatan dari sekolah ini sangat bermanfaat. Pasalnya, selain mengenal sejarah khususnya dari Sulsel, Ia pun dapat mengabadikan momen bersejarah berlatarkan bangunan khas Belanda dengan teman-teman dan gurunya.

Selain para siswa yang berkunjung ke tempat ini, terlihat beberapa masyarakat pun ada yang menggunakan fasilitas bangunan Benteng Rotterdam untuk berswafoto hingga prewedding.

Adapun para wisatawan dari luar pulau Sulsel yang mendatangi tempat ini serta terdapat sepasang suami istri yang liburan dengan membawa anaknya untuk tujuan mengenalkan sejak dini sejarah kota Makassar.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment