Buat Hand Sanitizer Sangat Sederhana dari Bahan yang Mudah Didapatkan

Mahasiswa Teknik Kimia didampingin dosen membuat hand sanitizer (foto: Apri)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Cairan pencuci tangan atau hand sanitizer menjadi barang yang banyak dicari orang sejak mewabahnya Virus Corona dan telah menjalar ke lebih 100 negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Hand sanitizer pun menjadi barang yang langka dan harganya langsung melejit.

Untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat, mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, membuat hand sanitizer secara sederhana. Siapapun bisa membuatnya di rumah.

Bahannya adalah alkohol 70 persen dan gel dari Aloe Vera (lidah buaya).

Dosen Teknik Kimia sebagai pendamping, Rismawati Rasyid, Kamis (12/3/2020), mengatakan bahwa alkohol 70 persen ini sebagai antiseptic dan bisa dibeli di toko bahan kimia. Sedangkan lidah buaya utuk melembabkan kulit. “Lidah buaya banyak dibudidayakan masyarakat," katanya.

“Perbandingan bahannya adalah 3:1, artinya 3 takaran alkohol dan satu takar aloe vera,” katanya.

Gel dari lidah buaya diambil lalu dihaluskan. Bisa diblender ataupun ditumbuk sampai halus lalu disaring. Kemudian, tambahkan alkohol 70 persen dan aduk hingga merata sekitar 30 menit.

“Bisa juga ditambahkan pewangi essentials oil, bisa dari ekstrak kulit jeruk ataupun mawar, sesuai selera," katanya.

Hand sanitizer buatan sendiri siap dipakai.

Dengan adanya inovasi dari mahasiswa FTI ini, Dekan FTI UMI, Dr Zakir Sabara, menghimbau kepada masyarakat agar tidak lagi risau jika tidak menemukan hand sanitizer di toko.

“Kita ini memberitahukan kepada masyarakat bahwa bahan di sekitar kita bisa dimanfaatkan menjadi hand sanitizer,” katanya.

Zakir Sabara menambahkan, hand sanitizer buatan mahasiswa Teknik Kimia, FTI UMI, ini nantinya akan dibuat dalam jumlah banyak agar bisa dimanfaatkan di dalam kampus secara cuma-cuma.