RSI Faisal Akan Jadi Rumah Sakit Pendidikan FK Unibos

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Bosowa (Unibos) baru saja meraih Akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Akreditasi itu berdasarkan SK no. 0140/LAM/PTKes/Akr/Sar/II/2022 dan berlaku tahun 2022 ini.

Atas capaian itu, Dekan FK Unibos, Marhaen Hardjo akan meningkatkan sarana dan prasarana FK Unibos termasuk memiliki rumah sakit yang dikelola sendiri.

Sehingga dalam dua tahun kedepan FK Unibos mampu meraih akreditasi A atau akreditasi unggul.

Dia mengaku rencana itu telah disetujui dewan pembina dari RSI Faisal, Jusuf Kalla.

"Beliau (Jusuf Kalla) setuju Bosowa masuk (mengelola) RSI Faisal dan minggu depan hari Selasa ada pembicaraan Ketua Yayasan, Prof Ramli Yusuf dengan Pak Aksa Mahmud bagaimana detail pengelolaannya," kata Marhaen Hardjo di Makassar, Rabu (9/3/2022).

Olehnya itu, Mantan Direktur Rumah Sakit UIT ini berharap RSI Faisal bisa menjadi RS Pendidikan untuk FK Unibos.

"Kalau kita sudah ada RS maka akan lebih mudah untuk mendapatkan akreditasi A dalam dua tahun ke depan," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Bosowa akan membuat gedung RSI Faisal menjadi 8 tingkat.

"Kita lihat RSI Faisal itu rata-rata satu lantai semua jadi itu nanti akan dibikin tower 8 lantai dengan demikian kita berharap akan lahir sebuah RS yang mempunyai daya saing yang kuat dan juga sebagai RS Pendidikan (FK Unibos)," tandasnya.

Saat ini adapun RS Pendidikan FK Unibos adalah RSUD Labuang Baji Makassar kemudian untuk RS Jejaring ada RS Pelamonia, RSKD Dadi Makassar, RS Bhayangkara, RS Tadjuddin Chalid Makassar serta RSIA Fatimah, RS Salewangan Maros dan juga Klinik Semen Bosowa.

Laporan: Darsil Yahya