Universitas Bosowa Kukuhkan Tiga Guru Besar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) mengukuhkan tiga guru besar baru. Pengukuhan guru besar dilakukan dalam Rapat Senat Terbuka Akademik Unibos di Gedung Balai Sidang 45, Kamis (12/1/2023).

Guru besar baru yang dikukuhkan adalah Prof Dr Ir Hj Hadijah MSi (Profesor dalam Bidang Ilmu Perikanan). Prof Dr Haeruddin Saleh SE MSi (Prof dalam Bidang Ekonomi Regional), serta Prof Dr Drs H Muhammad Yusuf Saleh MSi (Prof dalam Bidang Ilmu Manajemen).

Ketiga guru besar dikukuhkan oleh Dewan Profesor Unibos Prof Dr Ir Andi Muhibuddin MSi dengan disaksikan oleh Rektor Unibos Prof Batara Surya dan Ketua Yayasan Aksa Mahmud, Melinda Aksa.

Rektor Unibos Prof Batara Surya mengatakan dengan bertambahnya 3 guru besar sehingga saat ini ada 12 orang jumlah guru besar di jajaran sivitas akademika Unibos.

"Capaian ketiga professor ini menambah jumlah guru besar Unibos menjadi 12 orang dan akan kita tingkatkan dari waktu ke waktu sesuai target yang telah ditetapkan oleh rektor bersama dengan senat universitas dan amanah Ibu Ketua Yayasan Aksa Mahmud," ucap Prof Batara Surya dalam sambutannya.

Prof Batara Surya berharap dengan pengukuhan 3 guru besar ini mampu menginspirasi para akademisi yang lain pada setiap fakultas untuk segera menjadi guru besar. 

"Artinya, dengan banyaknya Lektor Kepala yang kita miliki, berarti kita punya potensi untuk menambah jumlah guru besar ke depan. Tentu, dengan kemauan dan kerja keras, mereka pasti juga mampu mencapai jabatan tersebut (guru besar)," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan pencapaian guru besar bukan saja merupakan capaian pribadi sebagai seorang dosen, namun juga menjadi capaian institusi yang sangat penting dan bagian dari reputasi Unibos baik secara nasional maupun global.

Serta Unibos memiliki tambahan SDM yang kapasitas dan kompetensinya sudah teruji dari sisi keilmuannya. 

"Hal ini, tentunya akan membuat keberadaan Unibos akan semakin diakui oleh masyarakat dan dunia global. Artinya, jabatan guru besar menunjukkan pengakuan akan kompetensi seorang dosen di bidang akademik berdasarkan karya ilmiahnya," ungkapnya.

Dengan demikian, kata Prof Batara, semakin banyak guru besar yang dikukuhkan menunjukkan bahwa semakin banyak pakar yang dimiliki Unibos.

"Ini tentunya akan berdampak pada penilaian terhadap Unibos yang semakin baik, dan akan meningkatkan kualitas kita semua sebagai salah satu dari bagian kampus terbaik di LLDikti Wilayah IX dan mimpi bersama yang sedang kita rancang adalah Universitas Bosowa yang Unggul dan memiliki reputasi Global, Nasional dan Regional," pungkasnya.

Turut hadir Ketua Yayasan Aksa Mahmud, Melinda Aksa; Kepala LLDikti Wilayah IX Sultan Batara, Andi Lukman; Rektor Unibos, Prof Batara Surya; Rektor Unibos 2 Periode Prof Saleh Pallu.

Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud, Asrul Hidayat; Sekretaris Yayasan dan seluruh jajaran Sivitas Akademika Unibos dan para tamu undangan.

Laporan : Darsil Yahya