Waspada, 24 Aplikasi Ini Terjangkit Virus Jahat Joker, Jangan Instal!

Ilustrasi : Joker - (foto by pixel4k)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Jika Anda penguna android, hati-hatilah jika ingin menginstall aplikasi. Belum lama ini ditemukan virus jahat malware bernama 'Joker' yang bisa merugikan pengguna android yang terjangkiti.

Dirilis CELEBESMEDIA.ID dari CNBCIndonesia, malware Joker ditemukan oleh lembaga riset keamanan siber CSIS Security. Virus jahat ini sudah menyusup di lusinan aplikasi yang terdaftar di Play Store dan sudah diunduh lebih dari 472.000 kali, seperti dikutip dari SC Magazine, Senin (7/10/2019).

Malware Joker mampu mencuri pesan SMS, daftar kontak dan informasi perangkat korban. Malware ini secara diam-diam terkomunikasi dengan situs web iklan guna menghasilkan klik palsu dan mendapatkan perangkat korban dengan layanan premium yang merugikan korban.

Analis CSIS Aleksejs Kuprins dalam blognya menulis joker hanya mengunduh muatan berbahaya jika ponsel menggunakan SIM dari 37 negara. Salah satunya adalah Indonesia. Lainnya, Australia, Austria, Belgia, Brasil, Cina, Siprus, Mesir, Prancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras, India, Irlandia, Italia, Kuwait, Malaysia dan Myanmar.

Berikutnya, Belanda, Norwegia, Norwegia , Polandia, Portugal, Qatar, Republik Argentina, Serbia, Singapura, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Inggris, dan AS.

Analis malware CSIS Security Aleksejs Kuprins mengatakan Google mengetahui aplikasi jahat dan telah menghapuskannya dari Play Store. Tercatat ada 24 aplikasi berisi malware Joker tersebut yang terdeteksi Google dan telah dihapus.

Berikut daftar 24 aplikasi yang terjangkit malware Joker dan sudah dihapus Google, seperti dikutip dari DigitalTrends:

Advocate Wallpaper

Age Face

Altar Message

Antivirus Security - Security Scan

Beach Camera

Board picture editing

Certain Wallpaper

Climate SMS

Collate Face Scanner

Cute Camera

Dazzle Wallpaper

Declare Message

Display Camera

Great VPN

Humour Camera

Ignite Clean

Leaf Face Scanner

Mini Camera

Print Plant scan

Rapid Face Scanner

Reward Clean

Ruddy SMS

Soby Camera

Spark Wallpaper

Disarankan untuk memperhatikan tagihan kartu kredit, apakah ada tagihan dari aplikasi yang tidak pernah dilakukan. Pengguna ponsel Android harus juga memperhatikan permintaan izin dari aplikasi ketika akan menginstal aplikasi. Bila merasa data seharusnya tidak perlu dibagikan lebih baik untuk tak menginstal dan memberi izin.