Unibos dan Pemkab Bone Teken MoU Penguatan SDM

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) bersama Pemerintah Kabupaten Bone menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengembangan Sumber Daya Manusia.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor Unibos Prof Batara Surya dan Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi yang disaksikan langsung Founder Bosowa Corporindo H.M Aksa Mahmud.

Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Sidang 45, Jalan Urip Sumoharjo, Kota Makassar, dengan dihadiri para jajaran Vice Rektor, Direktorat, Asisten Direktur Pascasarjana, dan dekan se-Unibos maupun jajaran dari Pemkab Bone.

Bupati Kabupaten Bone, DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi mengatakan adanya penandatanganan MoU menjadikan terbukanya peluang Kabupaten Bone dengan Unibos dalam pengembangan SDM khususnya Masyarakat Bone.

"Insyaallah semakin terbuka peluang untuk mengembangkan kabupaten Bone, karena kita tahu bahwa di Unibos SDM lengkap," bebernya, Selasa (23/5/2023).

Menurutnya di kampus Unibos memiliki berbagai alat kelengkapan pendukung yang dapat digunakan bagi Masyarakat Bone yang ingin kuliah sehingga dapat meningkatkan pemahaman bagi mahasiswanya.

"Saya baru tahu kalau ada jurusan pertambangan, saya kira ini potensi sangat baik dan bisa dikembangkan," jelasnya.

"Saya kira nanti pak Rektor menindaklanjuti dengan OPD kami yang bisa diajak untuk bekerjasama, apalagi pak Aksa juga sudah mendorong," tambahnya.

Dengan adanya pemanfaatan SDM yang baik di Kampus Unibos diharapkan mampu mengelola berbagai potensi baik itu di kelautan, pertambangan, maupun kehutanan.

"Karena ada beberapa potensi tambang yang perlu, lebih jauh kita kembangkan, saya kira itu," tutupnya.

Sementara itu Rektor Unibos Prof Batara Surya merespon baik apa yang disampaikan DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi selaku Bupati Bone. Ia mengaku dengan adanya MoU ini Unibos akan bekerja keras dalam penguatan SDM.

"Penguatan SDM melalui proses pendidikan di Unibos baik itu S1 dan S2, kemudian bagaimana nanti melakukan riset mengembangkan wilayah pesisir," ucapnya.

Ke depannya dengan adanya penguatan SDM bagaimana mahasiswa Bone yang kuliah di Unibos dapat meningkatkan kesejahteraan kehidupan di daerahnya.

"Ada nilai manfaat ada hasil yang bisa kita berikan ke  masyarakat," jelasnya.

Apalagi di kampus Unibos sendiri sudah mempunyai kemampuan riset dan memiliki peralatan seperti alat pertambangan yang dapat dimanfaatkan dalam penguatan SDM.

"Bagaimana kita bisa kembangkan, tinggal nanti bagaimana kita kuatkan antara Pemda Bone dan Unibos," tutupnya.

Laporan : Ardi Jaho