Dosen Unibos Perkenalkan Teknologi Pembuatan Gula Merah di Barru

CELEBESMEDIA.ID, Barru - Desa Gattareng, Kabupaten Barru, kini menjadi desa binaan Dosen Universitas Bosowa (Unibos) yang menjalankan pengabdian di wilayah tersebut. Pengabdian yang dilaksanakan yaitu membantu peningkatan penghasilan Petani Enau, kelompok masyarakat yang bergerak dalam industri gula merah dan gula semut.

Dalam pengabdian yang dilakukan, tiga Dosen Unibos yaitu Dr Sukmawati, Dr Seri Suriani, Muh Kafrawi Yunus MSi, tidak hanya memberikan pendampingan dalam bidang produksi tetapi juga memperkenalkan teknologi terbaru dalam pembuatan gula merah dan gula semut.

“Selama ini kami memang kadang terhambat di bagian produksi. Di mana hasil olahan kami tidak dapat bertahan lama san cepat rusak,” kata Kepala Desa Gattareng, Andi Syahrir.

“Sehingga dengan adanya pendampingan ini sekiranya pengetahuan petani enau ini bisa melakukan peningkatan produk agar penghasilannya juga meningkat,” tambahnya.

Sementara itu, Dr Sukmawati mengakatan, tujuan kegiatan ini salah satunya memang diperuntukan untuk merubah pola piker masyarakat dalam mengelola hasil produksi.

“Selanjutnya setelah kami lakukan pendampingan dan melakukan evaluasi. Ke depan kami juga akan memberikan pendampingan terkait bagaimana peningkatan pangsa pasar dengan usaha ini,” tutur Dosen Fakultas Ekonomi Unibos tersebut.(*)