Lulus di Tengah Pandemi, Angkatan Pertama FK Unibos Ucapkan Janji Sarjana Kedokteran

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebanyak 33 sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos) Makassar yang telah menjalani yudisium mengikrarkan janji sarjana Kedokteran. Kegiatan ini digelar di Balai Sidang 45 kampus Unibos yang dipimpin langsung Dekan FK Unibos, Dr dr Ilham Jaya Patellongi MKes, Selasa (25/8/2020) pagi.

Turut menyaksikan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Abdul Haris Hamid, dan dihadiri direktur Rumah Sakit Labuang Baji, Dr dr Andi Mappatoba.


Pengambilan janji Sarjana Kedokteran ini dilakukan dengan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, melakukan pengukuran suhu badan, rapid test sebelum pelaksanaan, menggunakan masker, mencuci tangan sebelum memasuki gedung, dan lainnya. Bahkan, pengambilan janji ini tanpa disaksikan orang tua dan keluarga tercinta secara langsung namun secara virtual.

"Ini adalah pengambilan janji angkatan pertama. Suasana ini spesial, selain karena angkatan pertama, juga karena digelar di tengah pandemi Covid-19 dan sarjana ini lahir di tengah pandemi," kata Abdul Haris.

"Covid-19 ajar kita selalu berhikmat dan menjadi sarjana yang adptif, mampu bertahan dalam kondisi apapun. Bawa nama baik kampus di mana pun berada. Jadilah sarjana yang memiliki kompetensi, baik hard skill maupun soft skill, sehingga bisa mengabdikan diri terhadap kemanusiaan," pesan Abdul Hamid.

Dekan FK Unibos, Dr Ilham Jaya mengaku bersyukur anak didiknya telah berhasil menyelesaikan proses studinya di FK Unibos. Walaupun di tengah pandemi, mereka tetap bersemangat dan berjuang.

"Saya berharap para lulusan tidak hanya menjadi dokter unggul, mandiri, amanah tetapi juga bisa mengabdikan ilmu kepada masyarakat terutama dalam situasi krisis saat ini. Ingat sumpah kedokteran, ingat janji sarjana yang telah diikrarkan, semoga pengabdian ananda semua dapat bermanfaat pada bangsa dan negara” ungkap Dr Ilham.

Setelah diwisuda tanggal 27 Agustus nanti, mereka ini akan menjalani coass di RS Labuang Baju sebagai rumah sakit pendidikan milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada pengambilan janji sarjana, WR III Unibos dan Dekan FK Unibos juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada lulusan terbaik FK Unibos angkatan pertama atas nama Lathifa Putri Arviyani. Wanita kelahiran Jakarta asal Kendari ini lulus dengan IPK 3,67.

Tags :