Aksa Mahmud Resmikan Laboratorium dan Empang Pendidikan Fakultas Pertanian Unibos

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Founder Bosowa, HM Aksa Mahmud meresmikan laboratorium dan empang pendidikan program studi budidaya perairan Fakultas Pertanian Universitas Bosowa (Unibos) di Tambak PT. Bosowa ISUMA, Dusun Balangkasa, Desa Majannang, Kec. Maros Baru, Kabupaten Maros, Sabtu (10/4/2021).

Sebanyak Delapan petak empang yang memiliki luas rata-rata 5100 Meter persegi pada kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, dihibahkan dalam rangka mendukung peningkatan mutu pendidikan dan implementasi program MBKM di Unibos.

Peresmian ini juga digelar penebaran 10.000 benih udang.

Kegiatan ini diresmikan langsung oleh founder Bosowa Bapak H. Aksa Mahmud, Ketua LLDIKTI Wilayah IX Prof. Dr. Jasruddin, M.Si, Rektor Unibos Prof. Dr. Ir. Muhammad Saleh Pallu, M.Eng dan disaksikan Drs H. Baharuddin Rachim Chief Executive Celebes Agro Group Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dekan Pertanian,  KPS S1 & S2 Budidaya Perairan, Dosen Budidaya Perairan, Mahasiswa Fakultas Pertanian Unibos

Turut dihadiri Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan RI Dr. Abdul Kahar, M.Pd., serta para pimpinan PTS seperti Universitas Mega Buana, UMMA, Stikes Graha Edukasi, Universitas Al Asyariah Mandar, Universitas Muhammadiyah Sidrap, Unismuh Makassar, STIBA Makassar, STIMIK AKBA, UPRI, STIE Wira Bhakti, Polinas, STIE Ichsan Sidrap, STIK Makassar, UNIPRIMA, Unimerz, dan STITEK Balik Diwa.

"Bosowa Group terutama Yayasan Aksa Mahmud sangat konsen pada pendidikan dan telah memberikan bukti nyata dengan menghibahkan lahan tambak demi peningkatan kualitas pengajaran di Unibos tentunya ini juga merupakan bentuk implementasi program MBKM dari Kemendikbud. Kami sangat bahagia atas launching Empang pendidikan dan Laboratorium budidaya perairan ini dimana mahasiswa diberikan teori dan langsung mengaplikasikan di lapangan," ungkap Rektor Unibos  Prof. Dr. Ir. Muhammad Saleh Pallu, M.Eng dalam sambutannya.

Sebelumnya pada 8 April, Dekan Fakultas Pertanian Unibos telah melaksanakan penandatanganan MoA dengan Drs H. Baharuddin Rachim (Chief Executive Celebes Agro Group).

"Kami berharap dari MoA dan launching ini lebih banyak lagi alumni unibos yang dapat diserap oleh perusahaan karena memiliki kualitas alumni yang profesional seperti 8 alumni Unibos yang langsung diterima di Celebes Agro Grup dengan masa tunggu nol," tambahnya.

Ketua LLDIKTI Wilayah IX Prof. Dr. Jasruddin, M.Si menjelaskan kami mengundang 20 ketua dan para pimpinan perguruan Tinggi Swasta yang ada dilingkup Wilayah IX dalam launching empang pendidikan Unibos ini, bertujuan agar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang lain dapat menerapkan Progam MBKM seperti yang dilakukan Unibos.

"Kami berharap mahasiswa sekarang bisa menimba ilmu bukan hanya di kelas atau secara daring namun harus belajar dan menerapkannya langsung di lapangan, karena berbeda jika hanya belajar online atau di kelas," jelasnya.