Subhan Aksa Hadiri Wisuda Tahfidz 30 Juz Madrasah Hafizh Quran

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Madrasah Hafizh Quran (MHQ) mewisuda 14 tahfidz 30 juz yang dirangkaikan dengan Milad ke-11 Masjid Cheng Hoo Tanjung Bunga Makassar, Jalan Danau Tanjung Bunga, Senin (13/5) pagi.

Wisuda hafidz dan Milad ke-11 ini dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Takmir Masjid Cheng Hoo Tanjung Bunga, Ramlah Aksa; dan Ketua Takmir Masjid Cheng Hoo, Subhan Aksa.

Dalam sambutannya, Subhan mengungkapkan Madrasah Hafizh Quran ini didirikan karena keinginan sang ibunda.

“Pondok hafidz yang didirikan oleh ibu Aksa ini adalah sebuah bentuk daripada dedikasi beliau yang sangat ingin sekali memiliki banyak hafidz yang unggul di Sulawesi Selatan,” ujar Subhan mengawali sambutannya.

Subhan pun mengungkapkan dirinya sempat mengikuti pendidikan di pondok tahfizd di Sukabumi. Namun, ia keluar saat baru menghafal dua juz Alquran.

“Saya juga dulu sempat dimasukkan di pondok tahfidz beberapa tahun, tapi waktu itu pak Aksa bersitegang dengan ibu, dan akhirnya saya disuruh keluar setelah hanya dua tahun,” tutur dia.

“Jadi baru hafal dua juz dulu sudah disuruh keluar dulu. Karena kemana-mana sudah pake sarung, jadi pak Aksa sudah bertanya-tanya dulu,” ujarnya sambil tersenyum.

Sementara Pembina MHQ sekaligus imam rawatib Masjid Cheng Hoo Tanjung Bunga, Agus Ramdhani mengatakan ke-14 tahfidz yang diwisuda pada tahun ini pencapaiannya berbeda-beda.

“Untuk wisudawan sampai selesai pencapaian 30 juz itu cukup variatif walaupun programnnya kita di awal yaitu 3 tahun selesai 30 juz. Tapi pada prakteknya alhadulillah ada yang sebelum tiga tahun, dan ada yang juga memang di atas tiga tahun,” tutur Agus.

Diketahui, Madrasah Hafizh Quran (MQH) yang berada di bawah naungan Yayasan Ramlah Aksa ini membina 40 santri dan santriwati.