Muchlis Patahna Pimpin Ziarah ke TMP Kalibata di HUT KKSS

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP KKSS) Muchlis Patahna memimpin langsung agenda ziarah warga KKSS ke Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta, Kamis (12/11/2020). 

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari sejumlah agenda dalam rangka hari ulang tahun KKSS ke-44 pada 12 November. 

Di TMP Kalibata, pengurus dan warga KKSS mengunjungi makam dan mendoakan tokoh-tokoh Sulsel yang dimakamkan di TMP Kalibata. 

Kecuali ziarah ke TMP, di hari ulang tahun KKSS itu, pengurus juga menggelar bakti sosial berupa pembagian sembako kepada warga Jakarta yang kurang berkemampuan. 

Muchlis Patahna mengatakan, meskipun saat ini aktivitas masyarakat masih terbatas kerena pandemi Covid-19, namun semangat solidaritas warga KKSS sangat kuat untuk membangun soliditas menghadapi berbagai tantangan. 

"Termasuk tangan Covid-19 ini. Karena itu, tema peringatan HUT ke-44 KKSS tahun ini dirumuskan sebagai: KKSS untuk Negeri. Itu berdasarkan eksistensi warga KKSS yang berada di seluruh penjuru Tanah Air sampai di luar negeri," katanya. 

Perantau asal Sulawesi Selatan, kata Muchlis, memang bertebaran di mana-mana. Membangun kehidupan di mana pun bermukim, membangun solidaritas sesama perantau asal Sulsel maupun dengan warga sekitar di mana mereka berada. 

"Itulah spirit KKSS untuk Negeri. Jadi KKSS bukan sekadar paguyuban kedaerahan semata tetapi ada misi nasionalisme membangun kebangsaan," ujarnya. 

Menurut Ketua Panitia HUT ke-44 KKSS, Ali Duppa, puncak peringatan HUT KKSS kali ini akan dilaksanakan di Senayan Golf Club pada hari Ahad 15 November. Dimulai dengan golf bersama warga KKSS yang digelar Makassar Golf Club Jakarta. 

"Akan ada juga pemberian penghargaan kepada pendiri dan Ketua-ketua KKSS periode-periode sebelumnya," katanya. 

Wakil Presiden ke-10 dan 12 Pak Jusif Kalla yang juga Ketua Dewan Penasehat KKSS juga dijadwalkan hadir dan ikut golf bersama dengan sekitar 90 golfer warga KKSS. 

Sekretaris Panitia HUT Ophan Lamara menjelaskan, sebelum sampai puncak acara peringatan hari jadi itu, berbagai kegiatan telah dilaksanakan. Baik oleh BPP, maupun BPW serta Badan Perwakilan Luar Negeri KKSS. 

"BPP maupun panitia HUT sangat mengapresiasi antusiasme pengurus dan warga KKSS di berbagai daerah dan luar negeri untuk berpartisipasi menggelar kegiatan yang dirangkaikan dengan hari jadi KKSS," katanya.