Perdana, Unibos Gelar Konferensi Internasional Undang Pembicara dari 5 Negara

Unibos gelar konferensi internasional undang pembicara dari 5 negara - (foto by Ria)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Internasional Conference on Science, Technology, and Agriculture Research (IconStar 2019) di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Jalan Andi Djemma, Makassar, Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan ini menghadirkan enam pembicara utama (Keynote Speakers) yakni Rektor Unibos Prof Saleh Pallu, serta lima invited speakers dari sejumlah negara di dunia.

Diantaranya dosen Kyushu University of Japan; Akira Tai, Institute Technology Sumatra; Prof Ofyar Z Tamin, Universiti Sains of Malaysia; Prof Datuk Omar Shawkataly, Griffith University of Australia; Lanita Winata dan Bonn University of Germany; Timo Duille.

Para pembicara ini membahas materi terkait meningkatkan penelitian dalam Ilmu Sains, Pertanian dan Teknologi dimana tema yang diangkat dalam IconStar 2019 ini yakni 'Enhancing Research in Science, Agriculture and Technology Towards the Industrial Revolution 4.0'.

Prof Saleh Pallu dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah salah satu dari program Unibos untuk melakukan International Conference, dimana diwajibkan bagi seluruh Fakultas untuk melaksanakan kegiatan seperti ini di Unibos.

"Ini pertama kali kegiatannya dilaksanakan Fakultas Teknik, kerjasama dengan Itenas Sumatera, Unhas, UNM dan Unibos sendiri, yang mana ini merupakan tindak lanjut dari implemantasi kerjasama keempat Universitas tersebut," kata Prof Saleh Pallu.

Dalam Konferensi Internasional ini sekitar 100 artikel dipresentasikan. Prof Saleh menyebut adapun capaian terpenting di kegiatan ini untuk menghasilkan makalah-makalah yang sudah standar scopus (basis data sitasi atau indeks jurnal internasional).

"Jadi nanti ini kita kumpulkan semua prosiding baru kita daftar di scopus yang merupakan karya ilmiah mahasiswa dan dosen, karena sekarang kan yang terkenal semua perguruan tinggi itu karya ilmiahnya harus berstandarisasi scopus. Inilah tujuannya, jadi nanti kalau dilihat sudah standar scopus berarti berkualitas makalahnya," tegasnya.

Tags : unibos makassar