Lantamal VI Makassar Buka Pendaftaran Calon Tamtama Prajurit Karier TNI AL, Berikut Syaratnya

Personil Lantamal VI Makassar - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - TNI AL membuka pendaftaran penerimaan calon Tamtama Prajurit Karier (PK) TNI AL gelombang I tahun 2020 untuk wilayah Makassar dan sekitarnya.

Dalam rilis yang diterima redaksi CELEBESMEDIA.ID, pendaftaran dilaksanakan di Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL VI (Mako Lantamal VI), jalan Yos Sudarso Nomor 308, Makassar, Kamis (7/11/2019).

Pendaftaran online dan daftar ulang dibuka mulai tanggal 18 November 2019 dan berakhir 5 Januari 2020 . Informasi pendaftaran juga dapat dilihat dengan mengakses di alamat website al.rekrutmen-tni.mil.id.

Persyaratannya antara lain, warga negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD RI tahun 1945. Lalu, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Polres setempat.

Asisten bidang Personel (Aspers) Danlantamal VI Kolonel Laut (S) Mulyawan SE menyampaikan, calon Tamtama PK TNI AL juga disyaratkan sehat jasmani dan rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna, dan tidak berkacamata atau memakai soflens serta memiliki kartu BPJS atau sejenisnya.

Selain itu, Calon tamtama berijazah minimal SMP/sederajat berijazah minimal SMP/sederajat. Tinggi badan minimal 163 sentimeter dan berat badan seimbang.

Persyaratan berikutnya, usia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan pendidikan pertama (Dikma).

Calon Tamtama juga disyaratkan belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Dikma serta bersedia ditempatkan /ditugaskan di seluruh NKRI.

"Peserta yang lulus seleksi tingkat daerah akan dikirim ke Lapetal Malang untuk mengikuti seleksi tingkat pusat dengan biaya negara. Calon yang dinyatakan tidak lulus seleksi tingkat pusat akan dikembalikan ke daerah asal pendaftaran dengan biaya negara," ujar Aspers Danlantamal VI.

Lebih lanjut Aspers Danlantamal VI menjelaskan selama pelaksanaan seleksi di Lantamal VI , para pendaftar diwajibkan mengikuti materi seleksi meliputi pemeriksaan kesehatan umum, psikologi, laboratorium, pemeriksaan dan uji kesamaptaan jasmani, mental ideologi , administrasi dan sidang Pantukhirda.