Dosen Unibos Bantu Pengembangan Wisata Pemancingan di Desa Bubun Lamba

Bucek . 16-12-2020, 11:53

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pengabdian masyarakat terus dikembangkan para dosen Universitas Bosowa (Unibos). Kali ini dilakukan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan wisata pemancingan di Desa Bubun Lamba, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama kelompok mitra wanita tani Sipatuo dan kelompok mitra usaha pemancingan Bunga Wai, tim Dosen Unibos termasuk Dr. Syafri, Dr. Syamsul Bahri, Dr. Ridwan, dan Sudarman MT melakukan pengembangan dengan kegiatan peningkatan sarana dan prasarana pemancingan serta pembangunan gazebo atau tempat usaha jajanan untuk mendukung pengembangan usaha kuliner kelompok mitra.

Selain itu beberapa jenis kegiatan yang dilakukan untuk pemberdayaan ini yaitu peningkatan akses jalan menuju lokasi pemancingan, pemasangan papan pengaman dan cctv, edukasi kepada kelompok mitra terkait usaha pemancingan serta usaha kuliner yang dapat dikembangkan.

Dr Syafri selaku ketua tim menjelaskan beberapa tujuan kegiatan ini dilaksanakan.

“Kami selaku akademisi memang memiliki tugas dan tanggungjawab tidak hanya bidang pengajaran tetapi juga pengabdian masyarakat. Oleh karna itu kegiatan ini kami lakukan dengan harapan dapat meningkatnya ketersediaan infrastruktur dan fasilitas pendukung wisata kolam pemancingan di Desa Bubun Lamba," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap kapasitas sumber daya kelompok pengelola juga dapat meningkat dalam memahami potensi daerah yang dapat dikembangkan.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment