Angkatan Pertama Program e-Learning, Unibos Buka Kuota 400 Kursi

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Universitas Bosowa (Unibos) membut terobosan dengan menghadirkan kelas atau program e-learning. Ini merupakan kelas jarak jauh yang dilakukan secara online.

Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu mengatakan program e-learning ini adalah solusi dalam mengatasi permasalahan dari pendidikan seperti keterbatasan akses dan biaya. Ini juga solusi dalam hal keterbatasan ruang kelas yang makin terbatas.

Untuk tahap awal, ada 8 program studi yang bisa dipilih untuk ikut kelas e-learning ini, yaitu Kimia, Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Psikologi, Ilmu Hukum, Manajemen, serta Akuntansi.

Prof Saleh menambahkan, untuk angkatan pertama, pihaknya akan membuka pendaftaran kelas jarak jauh ini pada Maret nanti dan mulai proses belajar pada April 2020.

“Jadi e-learning ini, salah satu program pembelajaran menggunakan elektronik,” katanya.

“Setiap prodi kita sediakan 50 kursi. Jadi total kita akan buka sekitar 400 kursi,” tutur Prof Saleh.

Sistem belajar digital ini, lanjut Prof Saleh, juga merupakan terobosan yang inovatif mengikuti era teknologi. Pihaknya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, agar mengurangi aktivitas pembelajaran di Unibos karena melihat jumlah mahasiswa yang cukup banyak namun ruang kelas kampus terbatas.

“Tapi kita tidak mengurangi kualitas pembelajaran karena materi dan kurikulumnya masih sama dengan program reguler, hanya saja metode belajarnya yang berbeda,” ujarnya.

Sistem perkuliahan ini ditujukan bagi para profesional, yang telah bekerja namun tetap memperhatikan jenjang pendidikan.

“Sistem pembelajarannya ini 60-40, jadi 60 persen online dan 40 persennya lagi tatap muka, bertemu di kampus,” kata Prof Saleh.

Program e-Learning ini diresmikan Rektor Unibos bersama Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDikti) Wilayah IX, Prof Jasruddin, Jumat (14/2/2020).