PKM UNM Dampingi IMI Sulsel Cara Kelola Keuangan Berbasis Software Akuntansi

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan sosialisi pendampingan pengelolaan keuangan dengan tema "Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Software Akuntansi pada Organisasi Nirlaba". Kegiatan ini berlangsung beberapa tahap dan terakhir hari ini, Minggu (18/8/2019).

PKM adalah bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana merupakan kewajiban bagi setiap dosen disamping Pengajaran dan Penelitian.

Sosialisasi ini bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulsel. Kegiatan tersebut untuk melakukan penyusunan laporan keuangan secara profesional. PKM UNM telah melakukan sosialisasi ke pengurus dan anggota klub otomotif dan pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis software akuntansi untuk IMI Sulsel.

"Kegiatan ini beberapa tahap. Sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi dengan klub otomotif dan melakukan pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis software akuntansi untuk IMI Sulsel," kata Tim PKM Universitas Negeri Makassar, Nur Afiah dalam keterangan yang diterima CELEBESMEDIA.ID.

IMI merupakan salah satu organisasi di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). IMI hadir untuk memfasilitasi industri olahraga otomotif, tidak hanya fokus pada olahargaa balapan, tapi juga pariwisata, sektor sosial, serta industri otomotif.

"Pemerintah sebagai regulator kebijakan, sementara pelaksanaannya dilakukan oleh pihak swasta dan industri otomotif, dimana IMI sebagai fasilitator. Untuk Itu IMI perlu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik," jelas Nur Afiah.

Kegiatan tersebut perlu diikuti IMI agar mampu menyusun laporan keuangan berbasis software akuntansi sehingga mempermudah proses penyelesaian laporan keuangan.

Program kemitraan masyarakat ini juga melibatkan Dr Nur Eny P MSA Ak CA serta Hajrah Hamzah MSi Ak CA yang merupakan anggota tim kegiatan dari Fakultas Ekonomi UNM.(*)