Politeknik Bosowa Kukuhkan 84 Wisudawan Angkatan VII 2022

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Polteknik Bosowa (Poltekbos) menggelar rapat senat terbuka dalam rangka wisuda diploma 3 (D3) angkatan VII tahun 2022 di Gedung Lestari 45, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (3/11/2022).

Wisuda diploma tahun ini, Poltekbos mengukuhkan 84 wisudawan, terdiri dari Perawatan dan Perbaikan Mesin 13 orang, Teknik Mekatronika 11 orang, Teknik Listrik 16 orang, Perpajakan 36 orang dan Perhotelan 8 orang.

Direktur Poltekbos, Alang Sunding mengatkan seluruh wisudawan yang dikukuhkan hari ini telah menempuh pendidikan selama tiga tahun.

"Pertama-tama jumlah wisudawan hari ini adalah 84 orang dengan IPK tertinggi adalah 3.93 dan IPK terendah adalah 3.00," ucap Alang Sunding dalam sambutannya di depan wisudawan dan para tamu undangan.

Selain IPK, kata Alang Sunding, Politeknik Bosowa menerapkan sistem penilaian NKK (Nilai Kelakuan Kumulatif) yang merupakan salah satu indikator keberhasilan membentuk kepribadian mahasiswa. 

"NKK tertinggi tahun ini adalah 24 dari skala 24 dan terendah adalah 15," ujarnya.

Selain itu, Alang Sunding menuturkan Politeknik Bosowa saat ini telah meraih berbagai prestasi dan kepercayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

"Selama setahun terakhir, kami dipercayakan sebagai penerima hibah PPPTV-PTS, Praktisi Mengajar, Pendamping SMK PK yang ditunjuk oleh Kementerian sebagai Perguruan Tinggi pusat keunggulan mendampingi Sekolah Menengah Kejuruan di Poso, Takalar, Makale, Makassar, Manado, Tomohon, Soppeng, Banteng, Kendari, Sorong, Karossa, Maluku dan Manokwari," bebernya.

Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan jika Politeknik Bosowa juga meraih peringkat ke-20 untuk Politeknik Terbaik di Indonesia edisi Webometrics 2022.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan beberapa wisudawan Polikteknik Bosowa telah diterima bekerja di perusahan mitra Politeknik Bosowa dengan persentase Teknik Mekatronika 23 persen, Teknik Listrik 6 persen, Perpajakan 26 persen, Perhotelan 50 persen serta menjadi Parallel Presenter di Konferensi Internasional.

"Wisudawan-wisudawati dibimbing langsung oleh dosen-dosen berkualitas yang kemampuannya telah diakui secara Nasional dan Internasional dengan capaian beberapa dosen menjadi Reviewer Nasional bidang Pengembangan Kreativitas Mahasiswa, Praktisi Mengajar dosen serta Asesor Nasional BAN SM," jelasnya.

Atas capain dan keberhasilan seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikannya, tak lupa Alang Sunding mengucapkan selamat dan kesuksesan atas raihan tersebut.

"Semoga ilmu dan keterampilan yang telah terima dapat diaplikasikan di tengah masyarakat. Kami berpesan teruslah tingkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengimbangi perkembangan kemajuan yang ada di dunia industri maupun persaingan global," paparnya.

Dia juga mengatakan keberhasilan yang diraih pada hari ini merupakan hasil dari kerja keras dan doa orangtua yang tidak pernah putus kepada Allah SWT.

"Akan tetapi, wisuda hari ini tentu saja bukan akhir di dalam proses pembelajaran, melainkan lembaran baru untuk berkarya serta memberi kebermanfaatan di tengah masyarakat," tandasnya.

Politeknik Bosowa juga akan memberangkatkan beberapa dosen untuk peningkatan mutu pendidikan dosen vokasi beasiswa pendidikan Jerman.

Dalam wisuda kali ini terpilih 5 wisudawan terbaik dari setiap program studi (prodi) yakni;

1.Prodi Perawatan dan Perbaikan Mesin, Arwaiz Qarni - IPK 3,71

2.ProdiTeknik Mekatronika, M. Ridwan - IPK 3,57

3.ProdiTeknik Listrik, Hartini An Nuur Muhammad - IPK 3,92

4.Prodi Perpajakan, Muflihatul Azizah - IPK 3,93

5.Prodi Perhotelan, Aliyah Mardina - IPK 3,76

Laporan : Darsil Yahya