Festival Budaya, Murid SDN Sudirman 4 Kenakan Pakaian Adat

Murid kelas 2A SDN Sudirman 4 Makassar kenakan pakaian adat di Hari Kebudayaan Makassar - (foto by Bucek)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menetapkan 1 April sebagai Hari Kebudayaan. Peringatan ini rutin di gelar sejak tahun 2018.

Menyambut hari kebudayaan tersebut, seluruh pelajar di Makassar diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat sebagai simbol perayaan dalam warna warni budaya Makassar.

Salah satu sekolah yang memperingati Hari Kebudayaan yakni kompleks SD Negeri Sudirman, di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar.

Dari pantauan CELEBESMEDIA.ID, seluruh murid SDN Sudirman 1, 2, 3 dan 4 antusias mengenakan pakaian adat. Tak ketinggalan juga guru dan sejumlah orangtua murid turut mamakai baju adat.

“Kami meminta kesediaan murid untuk ikut memperingati Hari Kebudayaan Makassar yang digelar setiap tahunnya. Mereka antusias, bahkan ada juga orangtua murid yang pakai baju adat. Ini luar biasa,” ujar Ahmad, Guru Agama SDN Sudirman 4 Makassar, Jumat (1/4/2022) pagi.

Sementara Muh. Syahreza Putra, murid kelas 2 SDN Sudirman 4 ini mengaku tak malu dan bersemangat mengenakan pakaian adat.

“Tidak malu, karena ramai-ramai sama teman-teman semua,” ujarnya.

Rencananya festival budaya tahun 2022 diramaikan upacara hari kebudayaan, gandrang bulo 1000 lorong, lomba karya busana karnaval, malam budaya dan carnival day. Festival Budaya Makassar 2022 dipusatkan di halaman Balaikota Makassar.