Arab Saudi Larang Penayangan Film Doctor Strange 2

Doctor Strange 2 - (foto by IMDb)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Arab Saudi dikabarkan melarang penayangan film "Doctor Strange in the Multiverse of Madness".

Sekuel kedua dari "Doctor Strange" (2016), dilaporkan dilarang tayang di Arab Saudi  terkait dengan masalah LGBT. Larangan itu juga dirumorkan berlaku di Kuwait.

Dikutip dari The Hollywood Reporter yang diberitakan Antaramewa Sabtu (23/4/2022), larangan penayangan itu dikarenakan ada isu LGBT yang ditampilkan oleh karakter America Chavez (diperankan oleh Xochitl Gomez ) yang sesuai penggambarannya dalam komik adalah gay.

Dengan homoseksualitas yang secara resmi ilegal di negara-negara TImur Tengah tersebut, film yang menampilkan referensi atau masalah LGBTQ seringkali gagal melewati sensor.

"Doctor Strange in the Multiverse of Madness" akan dirilis di pada 5 Mei sebagai bagian dari peluncuran globalnya. Sementara tiket tidak lagi tersedia di situs web bioskop di Arab Saudi, Kuwait dan Qatar. 

Film ini mengikuti jejak "Eternals" (2021), yang dilarang di sebagian besar negara Timur Tengah pada November setelah dimasukkannya pasangan sesama jenis dalam film dan superhero gay pertama MCU.

Pada saat itu, sensor telah meminta serangkaian pengeditan yang tidak bersedia dilakukan oleh Disney. Namun, versi yang diedit memang ditayangkan di Uni Emirat Arab.

Pada bulan Januari, "West Side Story" juga dihentikan tayang di bioskop-bioskop di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, Oman, dan Kuwait.