5 Film Terbaik di Tahun 2022 Versi IMDb

Top Gun: Maverick - (foto by Pexels)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Memasuki penghujung tahun 2022 pastinya hal luar biasa yang akan dikenang dalam kurun waktu setahun ini, termasuk film-film terbaik hingga akhir tahun 2022.

Dilansir dari laman resmi IMDb, Kamis (29/12/2022) berikut 5 film terbaik dengan rating tertinggi di tahun 2022

1. Top Gun : Maverick 


(Top Gun : Maverick - foto by pexels)

Film bergenre drama dan aksi merupakan sekuel Top Gun (1986) yang dibintangi oleh aktor ternama, Tom Cruise. Film yang disutradarai Joseph Kosinski dirilis di bioskop Amerika Serikat pada 28 April 2022

mengisahkan para pilot muda yang dilatih pilot senior Pete “Marvick” Mitchell alias Maverick (Tom Cruise), untuk memusnahkan persenjataan nuklir musuh. Kembalinya Maverick  sebagai pelatih merupakan perintah dan upaya perlindungan dari sahabat sekaligus saingannya, Laksamana Laut Tom “Ice Man” Kazansky (Val Kilmer). Namun, muncul sosok Bradley “Rooster” Bradshaw (Miles Teller), anak mendiang Goose (Maverick Lt. Nick Bradshaw), yang menjadi benang merah antara kedua sekuel ini. Rooster ternyata masih menyimpan dendam dan menyalahkan Maverick atas kematian ayahnya. Tapi situasi berbalik ketika Maverick mampu menunjukkan disiplin dan keteladanannya sebagai pilot jet tempur.

Menurut data Box Office Mojo, Top Gun Maverick mendapatkan US$484,7 juta yang membuat film ini menembus angka US$1 miliar.

Dengan rating 8.4/10, film ini berada pada urutan Best Of 2022 IMDb

2. Everything Everywhere All at Once


(Everything Everywhere All at Once - foto by pexels)

Film bergenre komedi dan Horor dari A24 yang dibintangi Michelle Yeoh dalam multiverse ini menawarkan kisah yang seru dan menegangkan. Berkisah tentang perempuan imigran dari Tiongkok, bernama Evelyn Wang, yang tinggal di Amerika Serikat. Bersama suaminya yang bernama Waymond Wang, mereka membangun usaha laundry di Amerika Serikat. Pada suatu hari, Evelyn dan Waymond harus mengaudit usaha mereka ke kantor Internal Revenue Service (IRS). Di tengah proses audit, Waymond versi semesta lain tiba-tiba meminta tolong Evelyn untuk menyelamatkan kelangsungan multiverse.

Everything Everywhere All at Once sebenarnya telah dirilis di Amerika Serikat pada Maret 2022. Namun, film ini baru ditayangkan di bioskop Indonesia pada 24 Juni 2022. Menariknya, duo sutradara Avengers: Endgame (2019), yaitu Anthony dan Joe Russo, berperan sebagai produser film ini. Everything Everywhere All at Once menuai banyak pujian serta mendapat rating yang cukup tinggi pada IMDb yaitu 8.1/10

3. Black Panther : Wakanda Forever


(Black Panther : Wakanda Forever - foto by pexels)

Film ini merupakan sekuel dari Black Panther (2018) yang menjadi film terakhir fase keempat Marvel Cinematic Universe (MCU). film ini ditulis dan disutradarai oleh Ryan Coogler yang pertama kali diputar pada 26 Oktober 2022 di El Capitan Theatre dan Dolby Theatre di Hollywood, dan rilis di Amerika Serikat pada 11 November 2022.

Dalam film ini mengisahkan bangsa wakanda yang mulai mendapat ancaman dari dunia luar karena bangsa ini dianggap mulai melemah dalam penjagaan vibranium mereka sepeninggal raja T'Challa (Chadwick Boseman). 

dalam laman resmi Internet Movie Database (IMDb), film ini masuk ke deretan best of 2022 dengan rate 7.2/10

4. Thor : Love and Thunder

(Thor : Love and Thunder- foto by pexels)

Film ini tayang di bioskop indonesia pada tanggal 6 Juli 2022 lalu, Thor :Love and Thunder adalah sebuah film pahlawan super Amerika Serikat yang berdasarkan pada karakter Marvel Comics Thor, diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Film tersebut ditujukan sebagai sekuel langsung dari Thor: Ragnarok (2017) dan film ke-29 dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Film ini disutradarai oleh Taika Waititi yang juga berperan sebagai penulis skenario bersama Jenniffer kaytin Robinson.

Dalam film ini, Thor berusaha menemukan kedamaian batin, tetapi harus kembali beraksi dan merekrut Valkyrie, Korg dan Jane Foster yang sekarang menjadi Mighty Thor untuk menghentikan Gorr dari membasmi para dewa.

sekuel ini berada di Best Of 2022 IMDb dan mendapatkan rating 6.3/10 dari vote yang telah dilakukan

5. Dead on the Nile


(Dead on the Nile - foto by pexels)

Film yang disutradarai oleh kenneth Branagh ini dibuat berdasarkan novel Agatha Christie tahun 1973, serial televisi tahun 2004, serta sekual dari Murder on the Orient Express.

Film  ini mengisahkan tentang misteri, konflik emosional, dan konsekuensi mematikan akibat cinta yang obsesif. Saat itu, Detektif asal Belgia, Hercule Poirot, kebetulan tengah ikut melakukan perjalanan ke Mesir, dengan sebuah kapal pesiar yang glamor. Ketika rombongan pelancong itu mengarungi Sungai Nile, Linnet Ridgeway-Doyle (Gal Gadot), salah seorang penumpang yang tengah berbulan madu dengan pasangannya, Simon Doyle (Armie Hammer), ditemukan tewas mengenaskan. Kepalanya ditembak. Hercule Poirot pun segera melakukan penyelidikan dan penyidikan di atas kapal pesiar itu untuk menemukan siapa pelaku pembunuhan itu. Data yang dihimpun dari IMDb, film ini mendapatkan rating 6.3/10

Laporan: Surya Setiadi UMI