Wow, Alat Musik Asli Indonesia Masuk Nominasi Warisan Budaya UNESCO 2021

Gamelan - (Wikipedia.org)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Indonesia adalah negara yang kaya akan ragam budaya. Mulai dari pakaian adat, kuliner hingga alat musik yang dimiliki tiap wilayah berbeda-beda. 

Tak banyak tahu jika saat ini sudah ada alat musik asli Indonesia yang diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yakni angklung.

Angklung resmi diakui UNESCO pada 2010. Angklung masuk dalam warisan budaya takbenda atau Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia asal tanah Sunda, Jawa Barat. Angklung terbuat dari bambu dan dibentuk dalam berbagai ukuran menyerupai pipa.

Setelah angklung kini alat musik gamelan masuk sebagai nominasi warisan budaya UNESCO

Gamelan masuk nominasi Warisan Budaya Tak Benda Unesco tahun 2021. Seni musik asal Jawa, Sunda, Bali ini akan disidangkan di Komite Unesco pada 13 Desember 2021.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah mengajukan gamelan agar mendapat status warisan budaya dunia sejak 2019

Gamelan adalah alat musik tradisional Indonesia yang terdiri dari saron, bonang, gong, gendang, gangsa, rebab, slenthem, peking dan suling. Memainkan gamelan juga harus dilakukan bersama-sama agar menghasilkan irama musik yang indah.

Saat ini, popularitas gamelan sudah sampai ke mancanegara. Ada beberapa negara di dunia yang telah memasukkan gamelan dalam mata pelajaran di sekolah.