Avatar 2 Jadi Film Waralaba Teratas, Pendapatan USD 2,02 Miliar

Film Avatar 2 : The Way of Water - (foto by IMDb)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Avatar 2: The Way of Water menduduki posisi teratas film waralaba dengan penghasilan terbanyak di tahun 2022. Pendapatan bruto film garapan James Cameron ini  tercatat telah menembus USD 2,02 miliar atau sekitar Rp30,4 triliun di box office global terhitung Minggu (22/1) waktu setempat.

Dengan ini, Cameron telah menyutradarai tiga film teratas sepanjang masa lainnya, yaitu dua film "Avatar" dan film "Titanic" (1997).

Film Avatar 2 telah bertahan selama enam pekan di bioskop. Hal ini menjadikan Avatar 2 berada di posisi keenam sebagai film terlaris sepanjang masa.

"Ini sukses yang tidak diragukan lagi. Setiap kali suatu film berada dalam miliaran (pendapatan dalam dolar AS), maka berada di jajaran waralaba teratas," kata analis media senior di Comscore Paul Dergarabedian, mengutip laporan Reuters yang diberitakan Antara, Selasa (24/1/2023).

Berdasarkan laporan The Hollywood Reporter melaporkan bahwa biaya produksi "Avatar 2" setidaknya mencapai 350 juta dolar AS (Rp5,2 triliun) ditambah biaya pemasaran.

Jika Avatar 2 menjadi film waralaba tertinggi saat ini, Avatar pertama yang dirilis pada 2009 justru masih menjadi film berpenghasilan tertinggi dalam sejarah dengan penjualan tiket secara global sebesar USD 2,9 miliar (Rp43,5 triliun).

Sementara itu, "Avatar" ketiga, yang tengah dibuat oleh Cameron, dijadwalkan untuk debut pada Desember 2024. Film keempat dan kelima dijadwalkan tayang masing-masing pada Desember 2026 dan Desember 2028.