Walt Disney Tunda Perilisan Film di Rusia

Film animasi Turning Red produksi Walt Disney - (foto by: IMDb)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia, Walt Disney Company mengumumkan akan menghentikan sementara  semua rilis film di bioskop Rusia. Alasannya kondisi di Negara tersebut yang belum kondusif. Salah satu film yang ditangguhkan perilisannya "Turning Red" yang sebelumnya dijadwalkan tayang perdana di negara itu pada 10 Maret.

"Mengingat invasi tak beralasan ke Ukraina dan krisis kemanusiaan yang tragis, kami menghentikan rilis film bioskop di Rusia, termasuk 'Turning Red' mendatang dari Pixar," kata juru bicara perusahaan dalam sebuah pernyataan, seperti yang diberitakan Antaranews  dikutip dari Variety pada Selasa (1/3/2022). 

Selain "Turning Red", Walt Disney juga menjadwalkan akan merilis "Doctor Strange in the Multiverse of Madness" pada 5 Mei dan "Lightyear" pada 16 Juni.

Disney merupakan distributor film besar pertama yang menghentikan sementara rilis teaternya di Rusia. Sementara Warner Bros. melalui "The Batman" tampaknya masih akan dirilis di Rusia untuk saat ini.

Selain menangguhkan perilisan sejumlah film, Walt Disney juga bekerja dengan mitra LSM untuk memberikan kemanusiaan lainnya kepada para pengungsi.

Rusia mulai menginvasi Ukraina pada 21 Februari dan meluncurkan invasi skala penuh tiga hari kemudian. Presiden Rusia, Vladimir Putin mengizinkan operasi militer khusus di wilayah Donbass, Ukraina pada Kamis dini hari. Kepada militer Ukraina, ia meminta agar mereka menjatuhkan senjata dan pulang ke rumah.