Rasa Manis-Asam Tape Ketan Hitam Legakan Tenggorokan

Mardianto . 23-11-2019, 17:35

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tape beras ketan hitam adalah salah satu panganan khas favorit asal Bugis Makassar yang sudah ada sejak dulu. Makanan ini kerap disajikan untuk tamu-tamu yang datang bersilaturahmi saat musim Lebaran tiba.

Di Makassar, untuk mendapatkan tape beras ketan hitam agak sulit, lantaran tidak dijajakan secara luas seperti halnya tape singkong. Biasanya, tape beras ketan hitam dapat diperoleh dengan memesannya terlebih dahulu ke pembuat tape.

Adalah tape 149, salah satu usaha rumahan yang khusus memproduksi tape beras ketan hitam yang ada di kota Makassar. Lokasinya berada di Jalan Tinumbu Nomor 108 A, lorong 149, Kelurahan Layang, Kecamatan Bontoala, Makassar.

Berbeda dengan tape beras pada umumya, yang berbahan dasar campuran beras ketan hitam dan putih, tape beras buatan usaha rumahan tape 149 ini 100 persen menggunakan beras ketan hitam.

Tak hanya itu, rasa manis tape 149 murni berasal dari hasil fermentasi ragi, tanpa menggunakan tambahan gula.

Pemilik usaha rumahan Tape 149, Novita Sari, mengatakan, pembuatan tape beras ketan hitam hampir sama dengan tape singkong. "Pertama, beras ketan hitam dicuci hingga bersih, kemudian direndam semalaman agar tape nantinya matang merata," kata Novita.

"Setelah melalui proses perendaman semalaman, beras kemudian dikukus hingga matang," tambahnya.

Hasil kukusan kemudian ditaruh ke wadah yang telah disiapkan untuk di dinginkan, lalu dicampur dengan ragi sedikit demi sedikit. Setelah itu dibentuk bulat-bulat dan dipadatkan.@ Terakhir, bulatan-bulatan beras ketan di letakkan dalam wadah yang sudah disiapkan, lalu diikat dengan sarung.

"Terakhir, didiamkan selama tiga hari, hingga rasanya manis seperti gula dan mengeluarkan air," ucap Novita.

Tape 149 ini cukup digemari masyarakat. Buktinya, tape buatan Novita Sari ini kerap dijadikan buah tangan oleh warga sekitar untuk keluarga.

Bahkan, saat musim Lebaran tiba, Novita bisa menghabiskan hingga 500 liter beras untuk memenuhi pesanan konsumennya.

Rasa manis alami tanpa gula tambahan menjadi alasan bagi sejumlah warga untuk menjadikan Tape 149 sebagai ole-ole buat keluarga ataupun kerabat.

Tape beras ketan hitam buatan Novita ini bisa bertahan lebih dari satu bulan. Novita menyarankan, untuk mendapatkan rasa yang pas, tape beras ketan hitam didinginkan terlebih dahulu dalam kulkas dan disantap saat siang hari.

Rasa manis dan asamnya dapat melegakan tenggorokan di tengah musim panas seperti saat ini.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment