6 Cara Memeriksa Kesehatan Payudara Sendiri

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang mematikan. 

Sebagian besar pasien kanker payudara datang berobat pada stadium lanjut. Hal ini disebabkan banyak perempuan yang tidak mengetahui  jika mereka menderita kanker payudara

Padahal, kanker payudara dapat dideteksi sendiri di rumah. Jika penyakit ini terdeteksi dini dan segera diterapi, sebetulnya kanker bisa dikalahkan.

Pemerintah bahkan telah menggalakka  program Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari). Tujuannya untuk mengedukasi perempuan Indonesia untuk mendeteksi dini kanker payudara.

Bahkan di Makassar, menjelang peringatan Hari Ibu pada 22 Desember, Pemerintah Kota Makassar meggelar pemeriksaan kesehatan payudara pada beberapa puskesmas. 

Berikut ini 6 langkah memeriksa payudara sendiri yang dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, Rabu (21/12/2022).

1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris? Jangan cemas, itu biasa.

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.

4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.

6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.