Lewat Doodle Hari Ini, Google Ikut Meriahkan Tradisi Mudik Lebaran 2019

Google Doodle dengan tema Mudik 2019

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Mudik atau pulang kampung adalah tradisi masyarakat Indonesia yang ingin merayakan lebaran bersama sanak keluarga di kampung halaman. Jelang lebaran Idul Fitri 2019, Google pun ikut memeriahkan tradisi mudik.

Halaman utama mesin pencarian Google hari ini, Selasa (4/6/2019), menghadirkan Doodle tentang tradisi Mudik 2019. Google menghadirkan ilustrasi kartun deretan aktivitas pemudik dari kota besar pulang ke kampung menggunakan transportasi dari mobil, sepeda motor, dan bus lengkap dengan bawaan masing-masing sebagai oleh-oleh keluarga di kampung.

Digambarkan, pemudik jalur darat ini melewati jalanan berkelok-kelok yang membentuk kata “Google” dengan tujuan akhir di rumah masing-masing.

Selain itu untuk menambahkan khas mudiknya, Google menambahkan gambar dari gedung-gedung perkotaan lalu dilanjutkan dengan melewati pegunungan dan sawah-sawah yang memang identik dengan kampung halaman hingga tiba di desa dan bertemu dengan sanak keluarga.

Ketika gambar tersebut di-klik, Google akan langsung membawa ke artikel terkait “mudik”, termasuk berbagai informasi arus mudik dan serba serbi mudik.

“Doodle hari ini merayakan eksodus massal yang meriah ini, yang dikenal sebagai mudik, istilah Indonesia yang berarti ‘perjalanan pulang-pergi’ menuju desa asalnya,” Google dalam keterangan doodle Mudik 2019.

"Mudik adalah tentang memperkuat ikatan komunitas, menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dan orang-orang tersayang, ikut serta dalam ritual tradisional, dan berziarah ke makam leluhur untuk penghormatan," tambahnya.

Lebih lanjut, Google menyebut, saat berada di kampung halaman, masyarakat akan saling bermaaf-maafan menggunakan kata ‘Minal aidin wal fa izin, mohon maaf lahir batin’.

"Pulang kampung juga waktunya berbagi, makan kue nastar dan kastengel," tambah Google.

Ini bukan kali pertama Google membuat tema merayakan mudik Lebaran di Indonesia. Tahun lalu, Google juga membuat ilustrasi serupa. Desain yang dibuat untuk tahun lalu pun masih mirip dengan tahun ini.

Google diketahui memang rajin merayakan beberapa hari dan peristiwa penting, termasuk Mudik Lebaran kali ini.