Cegah Aksi Bully, Instagram Luncurkan Fitur Restrict

Instagram - (foto by the independent)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kasus perundungan siber (cyber bullying) seringkali terjadi di media sosial, Instagram salah satunya.

Mencegah maraknya perundungan (bully), Instagram meluncurkan fitur bernama Batasi (Restrict). Fitur baru ini berfungsi untuk melindungi pengguna dari komentar maupun pesan yang bernada negatif. 

Dalam keterangan resminya, Instagram mengatakan banyak orang khususnya remaja merasa sungkan untuk melapor atau memblokir komentar dan pesan negatif yang mengusik dirinya. "Fitur Batasi didesain untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut," kata juru bicara Instagram dikutip CELEBESMEDIA.ID dari CNNIndonesia

Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup menggeser ke kiri pada komentar yang tak diinginkan. Kemudian pilih opsi Batasi atau 'Restrict'. Setelah itu, komentar dari akun tersebut hanya akan dilihat oleh dirinya sendiri. Cara serupa juga dapat dilakukan untuk mengubahnya yakni dengan memilih 'Unrestrict' atau Batal Batasi.

Sementara pemilik akun maupun orang lain tidak dapat melihat komen tersebut. Instagram pun memberikan kebebasan bagi pengguna untuk tetap melihat komentar tersebut dengan mengetuk pilihan "Lihat Komentar".

Selain pada kolom komentar, fitur ini juga tersedia di Pesan Langsung atau Direct Message (DM). Saat pemilik akun membatasi seseorang di Instagram, pesan yang dikirim orang tersebut akan pindah ke Message Request. 

Orang yang dibatasi itu juga tidak dapat melihat tanda telah dibaca atau 'Seen' jika pemilik akun telah membacanya dan tidak bisa menampilkan tanda aktif. Pengguna juga tidak akan menerima notifikasi dari akun-akun yang telah dibatasi sebelumnya. 

Selain itu, dalam upaya mengampanyekan anti-bullying, Instagram juga merilis stiker bertuliskan 'Create Don't Hate'. Instagram ingin mengajak para penggunanya untuk tetap menjaga platformnya terbebas dari aksi perundungan.