4 Tips Mengatasi Rasa Malas di Awal Pekan

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Rasa malas bisa saja menghambat aktivitas yang Anda lakukan, khususnya pada awal pekan yang biasanya padat dengan berbagai kegiatan. 

Kondisi ini juga kemudian dapat memicu kebiasaan malas bergerak yang dapat berdampak pada berbagai masalah kesehatan.

Bahkan beberapa peneliti dari University of Oxford sendiri mengatakan rasa malas ternyata banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor biologis, tak hanya dari faktor psikologis saja. 

 Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa malas ini?

Melansir dari laman kesehatan, Alodokter berikut ini 4 tips melawan rasa malas di awal pekan.

1. Lakukan aktivitas fisik

Penelitian membuktikan bahwa aktivitas fisik atau olahraga dapat membuat pikiran seseorang menjadi lebih fokus. 

Rasa malas mungkin saja timbul karena Anda sulit fokus. Untuk membantu mengembalikan fokus, Anda bisa menyelipkan aktivitas fisik di sela-sela kegiatan, seperti jalan-jalan santai saat istirahat makan siang.

2. Lawan rasa bosan

Rasa bosan memang hampir sama rasa malas, padahal keduanya berbeda. 

Orang yang bosan biasanya hanya tidak tertarik melakukan satu kegiatan tertentu, tetapi masih ada keinginan untuk melakukan hal yang berbeda.

Untuk mengatasi rasa malas, cobalah melakukan hal yang menarik hati Anda dan bisa membuat Anda senang, sehingga membuat Anda kembali semangat.

3. Nikmati alam

Penelitian membuktikan bahwa menikmati alam dengan melihat tanaman, seperti pepohonan, padang rumput, atau bunga, bisa mengembalikan semangat.

Karenanya cara mengatasi rasa malas yang juga mudah untuk dilakukan adalah dengan menikmati pemandangan alam.  membuat pikiran menjadi lebih jernih.

Jika Anda tidak sempat untuk pergi mengunjungi tempat dengan pemandangan alam, Anda bisa menggantinya dengan meletakkan pot tanaman di dekat meja kerja.

4. Jalani hobi Anda

Melakukan aktivitas yang sama terus-menerus dapat membuat orang merasa jenuh.

Karena itu ada baiknya menyelingi kegiatan Anda dengan hobi. Misalnya saat jam makan siang Anda bisa melakukan hobi misalnya membaca buku sejenak sebelum kembali melakukan kegiatan lainnya. 

Rutin menyisakan waktu untuk melakukan hobi dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, termotivasi, dan menikmati hidup.