3 Tips Sederhana Jaga Stamina Saat Berpuasa

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Berpuasa bukan menjadi alasan untuk malas bergerak. Terkadang badan memang menjadi lebih lemas karena stamina yang tidak stabil saat berpuasa. 

Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara menjaga stamina sebelum mulai berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga stamina tetap terjaga selama berpuasa.

1. Jaga asupan makanan dan cairan

Sebelum berpuasa dan saat berpuasa cobalah untuk menerapkan pola makan bergizi seimbang. Tidak hanya yang mengandung karbohidrat saja, tetapi harus kaya protein dan vitamin yang kadarnya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. 

Begitu pula dengan asupan cairan. Tubuh akan lebih mudah terhidrasi saat berpuasa. Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi selama berpuasa. Normalnya tubuh manusia membutuhkan 8 gelas sehari (1 gelas = 250 ml). 

Dokter juga mengingatkan untuk memenuhi kebutuhan serat dan ciaran dengan mengkonsumsi buah-buahan yang manis dan segar saar berpuasa.

"Dianjurkan untuk berbuka dengan makanan manis misalnya buah atau makanan yang terbuat dari pemanis alami.  Bisa juga mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air untuk  mengembalikan kebutuhan cairan tubuh dam mencegah dehidrasi," kata dr Wachyudi Muhsin kepada CELEBESMEDIA.ID. 

2. Olahraga ringan

Berpuasa bukan berarti enggan untuk bergerak. Dokter menyarankan untuk tetap berolahraga di selama berpuasa Ramadan.

Spesialis Kedokteran Olahraga, dr Elsye mengatakan olahraga aman saat berpuasa yang jelas tepat waktunya.

"Ada beberapa waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa yaitu 2 jam setelah berbuka puasa, 30 menit sebelum berbuka puasa atau 1 jam setelah makan sahur," jelas dr Elsye mengutip Antara. 

3. Cukupi kebutuhan tidur

Orang yang kurang tidur rentan terkana penyakit sebab imunnya turun. Karenanya penting memenuhi kebutuhan waktu tidur.

National Sleep Fondation menyarankan orang yang berusia 18-64 tahun memerlukan waktu tidur 7-9 jam sehari.