Instagram Mulai Uji Coba Sembunyikan Jumlah "Like", Ini Tujuannya

Instagram - (foto by bbc)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Instagram akhirnya meluaskan uji coba penyembunyian hitungan " likes" (sukai) secara global. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang kebagian uji coba ini. Dirilis CELEBESMEDIA.ID dari instagram-mulai-sembunyikan-jumlah-like-di-indonesia" target="_blank">Kompas.com, Jumat (15/11/2019), sejumlah pengguna di Indonesia secara acak akan mendapat pembaruan ini. 

Pengguna yang kebagian uji coba penyembunyian likes akan mendapatkan notifikasi berupa pop-up yang menerangkan "perubahan pada bagaimana pengguna melihat suka (likes)". 

Penampakannya seperti yang diunggah akun Instagram @makemac, salah satu pengguna di Indonesia yang kebagian uji coba . Setelah muncul "notifikasi" ini, pengguna tidak akan bisa melihat hitungan likes dari posting pengguna lain secara publik.

Perubahan ini pun akan terjadi secara default dan tidak bisa diatur sendiri oleh pengguna yang bersangkutan. Angka likes sendiri sebenarnya tidak benar-benar hilang, tapi disembunyikan secara privat. Pemilik akun masih bisa melihat likes yang didapat oleh sebuah posting. 

Sebelumnya, uji coba ini digelar di delapan negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Brazil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang, dan Selandia Baru. Kesehatan mental menjadi alasan utama kebijakan penyembunyian likes. 

Instagram beralasan penyembunyian angka hitungan akan mengurangi kompetisi jumlah likes di Instagram. Pengguna pun akan lebih fokus pada konten yang diunggah, tidak sekadar adu banyak likes. "Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat kecemasan dan mengurangi komparasi sosial," jelas Adam, dihimpun dari Tech Crunch, Jumat (15/11/2019).