Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Perkuat Imun di Musim Hujan

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pada musim hujan, kondisi udara yang dingin memang menjadi salah satu faktor pemicu ketidakseimbangan daya tahan tubuh. Akibatnya daya tahan tubuh perlahan mulai menurun, yang menyebabkan tubuh menjadi rentan terserang penyakit. 

Sistem imunitas merupakan benteng pertahanan pertama yang menjaga tubuh dari serangan berbagai kuman penyebab infeksi. Bila daya tahan tubuh kuat, maka kuman akan dilaksanakan, sehingga tidak menginfeksi tubuh.

Ternyata menjaga imun tidak hanya dengan berolahraga. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dokter Fadhil Rizal Makarim dalam laman halodoc menjabarkan beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi di musim hujan karena dapat menambah imun.

Berikut ini CELEBESMEDIA.ID menghimpun dari berbagai sumber, 5 makanan yang dapat perkuat imun di musim hujan 

1. Bawang Putih


Salah satu makanan yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah bawang putih.

Jenis makanan ini mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. 

Terlebih di musim hujan seperti saat ini. Makanan berkuah dengan bumbu bawang putih dicampur lada hitam sangat cocok disajikan di musim hujan.

2. Pepaya


Dalam pepaya terdapat kandungan vitamin A, B, C, dan K yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, pepaya juga memiliki enzim aktif untuk membantu memperlancar pencernaanmu. Pepaya memiliki jumlah kalium, magnesium, dan folat yang baik sehingga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

3. Buah Pir


Buah pir termasuk antipiretik yang dapat membantu untuk mendinginkan tubuh dan demam saat menyerang. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin saat musim hujan.

Buah ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang efektif untuk melindungi diri dari penyakit yang kerap menyebar saat musim hujan. Pir mengandung serat yang baik untuk tubuh serta vitamin C dan vitamin B12. 

4. Jamur


Selain dapat menjadi alternatif pengganti daging, jamur merupakan salah satu sayuran yang baik untuk bantu tingkatkan imunitas tubuh. Sensasi jamur yang diolah biasanya memberi rasa seperti ayam kecap ataupun daging.

Jamur memiliki sifat antimikroba dan antivirus, serta memiliki kandungan potasium sehingga jamur akan baik untuk tubuh apabila kamu mengkonsumsinya, lalu baik untuk mengelola cairan tubuh, mempercepat metabolisme, menjaga keseimbangan tekanan darah, dan menjaga daya kekebalan tubuh.

5. Kacang Almond


Anda juga dapat mengonsumsi lebih banyak kacang almond agar menghindari segala penyakit saat musim hujan. Kacang ini merupakan sumber protein dan rendah lemak yang sangat baik untuk kesehatan. 

Beberapa manfaat dari makanan ini adalah mampu meningkatkan fungsi pencernaan menjaga kadar gula tetap normal, hingga menaikkan imunitas tubuh dari berbagai penyakit. Kacang almond juga cocok untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Itulah beberapa makanan yang cocok untuk menjaga daya tahan tubuh saat memasuki musim hujan. Semoga bermanfaat.