Mencicipi ‘Corndog’, Jajanan asal Korea Selatan

Ariani . 07-03-2020, 17:10
Corndog, jajanan khas dari Korea Selatan (foto: Ariani)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Jajanan di Indonesia seolah tiada hentinya memberikan variasi baru. Makanan dan minuman kekinian yang menggugah selera pun kerap kali membuat ketagihan bahkan menjamur hingga ke berbagai kota besar di Indonesia termasuk di Makassar.

Salah satu yang digemari anak muda kota Daeng saat ini adalah jajanan kaki lima bernama "Corndog”. Makanan berbahan dasar sosis, berlapis adonan tepung terigu dan jagung halus ini, menjadi salah satu makanan yang dicari milenial di Makassar.

"Jadi ciri khas dari corndog ini karena sebelum digoreng dilapisi dulu tepung jagung halus dan disajikan langsung dengan tusuk satenya. Ini merupakan salah satu jajanan khas Korea Selatan,” kata pemilik usaha kuliner ‘Corndog makananku.mcn’, Nuryana Safitri, Sabtu (7/3/2020).

Nana, sapaan akrab Nuryana Safitri, menjelaskan jika usaha yang dirintisnya ini berawal dari ketertarikannya terhadap dunia usaha seperti berjualan makanan kekinian.

“Makanan ini saya rintis bersama sahabat saya. Kami buat untuk para pecinta makanan kekinian seperti jajanan ala Korea yang kami usung. Ini lebih akrab disapa corndog. Kami sendiri memulai usaha ini sejak September 2018 lalu,” terangnya.

Corndog menurut Nana adalah makanan yang tidak akan lekang oleh zaman. Hampir 2 tahun berdiri, usaha ini tetap laris dibeli para pelanggannya. Apalagi, kuliner ini bisa dimodifikasi dengan tambahan rasa sesuai selera.

“Corndog bisa ditambah saus pedas, saus tomat, mayones ada juga toping tambahan berupa keju mozzarela bahkan cokelat dan green tea yang nantinya dibakar langsung di atas Corndog saat disajikan,” ujarnya.

Nana beserta sahabatnya pun memanfaatkan teknologi sosial media untuk menjual. Harga satu porsi corndog dibanderol Rp 25ribu hingga Rp 30 ribu. Sedangkan jika ditambah kentang goreng menjadi Rp 35 ribu per porsinya.

Ia menambahkan, jajanan ini juga sangat mudah dibuat di rumah dengan bahan dasar yang dapat ditemui digerai bahan makanan.

"Siapin saja sosis sesuai selera dan berapa banyak, habis itu buat adonan untuk kulit luarnya. Cukup adon tepung dan jagung yang sudah dihaluskan, bisa juga langsung dengan tepung jagung yang sudah ada. Terus dikasih bumbu sesuai selera," tambahnya.

“Setelah selesai membuat adonan tuangkan adonan ke dalam gelas tinggi. Untuk melumuri sosis secara merata. Kalau sudah dilumuri, adonan sosis digoreng dengan api sedang supaya matangnya juga sampai dalam. Jika sudah lumayan kecokelatan, angkat dan tinggal kasih toping sesuai selera," tutupnya.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment