Musim Pancaroba, Konsumsi 4 Vitamin Ini Ampuh Halau Influenza

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - fluenza">Influenza atau flu merupakan salah satu jenis penyakit yang paling sering terjadi saat musim pancaroba.

fluenza">Influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderitanya biasa mengalamk demam, batuk, sakit kepala, hingga hidung tersumbat. 

Untuk menghalau influenza,.seseorang dianjurkan memperkuat daya tahan tubub dengan mengkonsumsi vitamin. Lalu vitamin apa saja yang bermanfaat untuk mencegah influenza menyerang tubuh? Berikut 5 vitamin yang ampuh menghalau influenza yang dilansir dari Kantor Berita Nasional, ANTARA, Minggu (2/10/2022). 

1. Vitamin C

Vitamin C dikenal mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Saat kekurangan vitamin C, tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit menular dan infeksi.

Perempuan dianjurkan mengonsumsi vitamin C 75mg per hari, sementara laki-laki dianjurkan setidaknya 90mg per hari.

Sumber vitamin C selain suplemen, Anda dapat mengonsumsi jeruk, brokoli, stroberi, paprika, bayam serta kale.

2. Vitamin B6

Vitamin B6 membantu produksi sel darah merah dan putih. Vitamin ini juga membantu untuk menjaga tubuh dari penyakit menular termasuk influenza.

Selain suplemen, vitamin B6 bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi unggas, ikan laut dalam seperti tuna dan salmon, pisang, serta kacang polong. Beberapa sereal yang dijual di supermarket kini juga sudah terfortifikasi dengan vitamin B6.

3. Vitamin E

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko terpapar infeksi. 

Vitamin E bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi kacang kedelai, kacang tanah, minyak serta biji bunga matahari, sayuran hijau, kacang almond, labu dan alpukat.

4. Vitamin D

Vitamin D salah satu yang wajib dikonsumsi untuk meningkatkan tingkat imunitas tubuh dan mencegah terjadinya infeksi akibat penyakit menular, termasuk influenza.

Vitamin D bisa diperoleh melalui suplemen, serta sejumlah bahan makanan yang tinggi akan kandungan vitamin D seperti hati sapi, minyak ikan kod, serta ikan sarden.

Selain vitamin-vitamin yang telah disebutkan, sejumlah nutrisi juga penting untuk dikonsumsi demi menghalau influenza, yakni:

  • Polifenol

 Sebut saja polifenol, komponen yang berasal dari tanaman ini mampu mengatur sistem imunitas tubuh, sehingga mempermudah tubuh untuk mengatasi infeksi akibat penyakit menular.

Untungnya, hampir semua sayur dan buah mengandung polifenol. Oleh sebab itu penting untuk memasukkan menu sayur dan buah ke dalam konsumsi harian anda.

  • Beta-karoten

Nutrisi lain yang berasal dari tumbuhan namun penting untuk menghalau influenza adalah beta-karoten. Beta-karoten pada tanaman menyebabkan buah memiliki semburat warna merah dan oranye.

Anda cukup mengonsumsi buah dan sayur dengan semburat warna merah dan oranye dalam konsumsi harian, untuk mendapatkan manfaat beta-karoten. Sebut saja ubi, wortel, tomat, mangga, hingga bit.