Jangan Minum Obat dengan Teh! Ini Efek Sampingnya

CELEBESMEDIA.ID, Makassar Sebagian orang mengonsumsi obat dengan sesuatu yang manis untuk menghilangkan rasa pahitnya. Salah satunya mengganti air putih dengan teh manis

Namun tahukah Anda, ternyata mengonsumsi obat dengan teh itu tidak dianjurkan. Meski bisa mengurangi rasa pahit obat namun beberapa minuman manis mengandung senyawa yang dapat menghambat kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping obat.

"Teh mengandung senyawa cafein dan tanin yang dapat berkaitan dengan zat kimia dalam obat sehingga menyebabkan obat sulit dicerna serta menurunkan efektivitas kerja obat dalam tubuh," demikian yang dikutip dari akun resmi Kementerian Kesehatan RI.

Jenis Obat yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi dengan Teh

1. Antibiotik

Beberapa jenis antibiotik seperti enoxacin dan ciprofloxacin akan menyebabkan proses metabolisme kafein melambat sehingga menimbulkan risiko efek samping seperti sakit kepala, peningkatan detak jantung dan serangan cemas

2. Antidepresan

Konsumsi obat antidepresan beramaan dengan teh dapat memicu lonjakan kadar serotonin dalam tubuh yang bisa menyebabkan efek samping seperti gelisah, menggigil hingga ganggian jantung.

3. Obat Antikoagulan

Obat antikoagulan adalah obat untuk menghambat pembekuan darah yang digunakan dalam pengobatan jantung dan stroke. Obat jenis ini tidak dianjurkan dikonsumsi dengan teh karena keduanya sama-sama dapat memperlambat pembekuan darah  sehingga meningkatkan rosiko pendarahan dan memar.

Kemenkes menganjurkan untuk meminum obat menggunakan air putih. Sebab air putih bersifat netral dan tidak mengandung zat-zat lain yang dapat mempengaruhi proses penyerapan obat dalam tubuh.