Cukup 5 Menit, Ini Menu Sarapan Praktis Tapi Tetap Sehat

Ilustrasi - (foto by freepik)


CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Melewatkan sarapan merupakan kebiasaan buruk yang perlu dihindari. Alih -alih menurunkan berat badan karena tidak makan, justru yang terjadi membuat badan menjadi lemas dan suasana hati memburuk.

Makan bergizi tinggi di permulaan waktu membuat kita bisa tetap beraktivitas secara optimal sepanjang hari dengan mood yang lebih bagus. 

Jika terbiasa melewatkan sarapan, kemungkinan besarnya kita akan mencari makanan yang manis dan tinggi lemak di jam-jam berikutnya yang mana justru meningkatkan risiko penyakit jantung.

Berikut ini 5 menu sarapan yang simpel namun tetap sehat mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan.

1.       Salad

Salad adalah satu opsi utama makanan sehat yang paling sering kita dengar. Agar tidak membosankan, perkaya salad dengan protein bertekstur seperti ayam panggang, dan berbagai macam sayuran yang krispi seperti selada atau bawang bombay. Untuk membuat salad secara kilat, sediakan sayuran potong untuk disimpan di kulkas. Sediakan yogurt, madu, atau mayones rendah kalori untuk variasi saus siraman. Tips ini berguna untuk 4-5 kali sarapan.

2.       Roti isi

Roti isi juga bisa menjadi pilihan menu kilat yang bisa dibuat dengan mudah. Cukup stok roti gandum, lengkapi dengan sayuran seperti selada, sawi, timun, atau tomat, lalu sesuaikan selera dengan pilihan proteinmu seperti daging, telur, atau ikan.

3.       Smoothies

Pilihan menu sehat lainnya yang bisa dibuat dengan cepat adalah smoothies. Jika memiliki blender, campur buah, sayur, dan biji-bijian untuk mendapatkan asupan nutrisi seimbang bagi tubuh. Selain pembuatan yang praktis, bahan-bahannya sebenarnya sangat mudah didapatkan.

Misalnya smoothie dari dua buah pisang Ambon, sepotong nanas, yang ditambah oatmeal dan madu menghasilkan 494 energi. Cukup untuk menjadi sumber tenaga dan semangat di pagi hari.

4.       Overnight oats

Overnight oats adalah salah satu opsi sarapan yang cepat dan mudah. Menu gandum ini kaya akan serat beta glucan yang selain membuatmu lebih cepat kenyang, bisa menurunkan kadar kolesterol hingga mengurangi risiko penyakit jantung. 

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikan overnight oats sesuai selera dengan variasi isian mulai dari buah-buahan hingga madu dan selai. 

5.      Ubi Jalar Panggang

Menu sarapan lainnya adalah ubi jalan panggang. Cara membuatnya sangat praktis cukup dimasukkan ke microwave atau oven. Anda dapat melakukannya saat bersiap-siap ke kantor atau aktivitas lainnya.

Ingat ubi jalarnya jangan digoreng. Gorengan atau junkfood memang terlihat praktis dan mudah, tapi makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak jenuh ini bisa meningkatkan kadar kolesterol darah dan menyempitkan alirah darah ke jantung. Jika dibiarkan dari waktu ke waktu, hal ini bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.