Tips Mengembalikan Stamina Usai Liburan

Ilustrasi beras merah sumber karbohidrat kompleks - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Usai liburan tubuh menjadi lemas dan kurang stamina. Hal ini disebabkan padatnya kegiatan saat liburan yang menguras tenaga. 

Lalu bagaimana cara mengembalikan produktifitas, stamina dan menghilangkan racun pada tubuh setelah liburan panjang?

1. Konsumsi karbohidrat kompleks

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan gizi yang seimbang dapat mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima seusia menjadi mudik Lebaran.

"Konsumsi gizi seimbang yaitu yang mengandung sumber tenaga untuk tubuh dapat melakukan kegiatan atau aktivitas bekerja dan berolahraga," jelas ahli gizi Fitri Hudayani, seperti yang dikutip dari Antaranews, Selasa (10/5/2022).

Sumber karbohidrat kompleks antara lain seperti nasi, roti, umbi-umbian, havemout dan olahannya. Serta sumber lauk pauk baik nabati seperti tempe, tahu dan kacang-kacangan, dan hewani seperti ayam, ikan, daging dan telur.

2. Penuhi kebutuhan air putih

Selain mengkonsumsi karbohidrat kompleks, disarankan juga mengkonsumsi  air putih yang baik bagi tubuh.

"Cukup air putih yaitu 8 gelas sehari dan mengonsumsi sayur dan buah agar membantu memenuhi kebutuhan vitamin yang penting bagi kesehatan tubuh," ujar Fitri.

3. Tetap luangkan waktu berolahraga

Bagi yang baru saja melakukan mudik jangan lupa meluangkan waktu berolahraga. Sebab, berolahraga juga penting untuk mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima.

4. Istirahat yang cukup

Sebaiknya berikan jeda waktu setelah mudik sebelum memulai aktivitas harian.

"Cukuplah istirahat di waktu yang memang tersedia misal tidak tidur terlalu malam agar tenaga kembali pulih," tutupnya.