6 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur, Bisa Atasi Insomnia

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kualitas tidur yang buruk dapat mengganggu kondisi tubuh seseorang secara keseluruhan.Hal ini dapat menyebabkan merasa sangat lelah dan lemah untuk melakukan aktivitas apa pun keesokan harinya.

Namun ada beberapa kebiasaan baik sebelum tidur yang dapat membuat tidur nyenyak bahkan bisa mengatasi insomnia jika dilakukan secara rutin. Mengutip laman kesehata  halodoc, berikut 6 kebiasaa  baik sebelum tidur.

1. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Bagi Anda yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, cobalah mandi dengan air hangat sebelum tidur. Menurut para ilmuwan, suhu tubuh ternyata sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur.

Mandi air hangat memiliki efek powering down yang membuat otot-otot di seluruh tubuh jadi rileks dan membuat kamu merasa tenang dan nyaman. Jadi, kamu pun bisa lebih mudah tertidur. 

2. Matikan Gadget

Cahaya yang terpancar dari gadget bisa mengurangi jumlah melatonin, yaitu hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk membuat Anda mudah tertidur. Bermain gadget juga bisa menyebabkan kecanduan yang justru bikin kamu malah semakin sulit untuk tidur. 

Jadi, sebaiknya matikan gadget minimal satu jam sebelum waktu tidur, supaya  kamu dapat mudah tertidur nyenyak dan terhindar dari insomnia

3. Menulis

Menulis sebelum tidur ini bisa menjadi solusi jika kamu sedang tidak bisa tidur. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa menulis sesuatu yang menjadi beban pikiran bisa bantu mengeluarkan dan membersihkan pikiran. 

Jadi, Anda bisa lebih mudah tertidur.  Selain itu, menulis jurnal juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Bahkan kegiatan ini direkomendasikan oleh para ahli sebagai salah satu cara untuk membantu kamu tertidur.

4. Membaca Buku

Daripada bermain gadget, membaca buku adalah salah satu alternatif kegiatan yang baik sebelum beristirahat. Membaca buku dapat membantu pikiran rileks sehingga membuat memunculkan rasa kantuk dengan sendirinya.

5. Gunakan Baju yang Nyaman

Pakaian yang Anda kenakan ternyata berpengaruh terhadap kualitas tidur.

 Menggunakan pakaian tidur yang longgar, bersih dan lembut membuat tidurmu jadi lebih pulas dan nyenyak. Buat para wanita, kamu juga disarankan untuk tidur tanpa bra agar peredaran darah menjadi lebih lancar.

6. Minum Air Putih

Air putih punya banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menjaga kelembapan kulit saat kita tertidur. Minumlah minimal satu gelas air bersuhu normal (bukan air dingin) beberapa jam sebelum tidur, agar tubuh tetap terhidrasi.