Sering Dianggap Sehat, Ternyata 4 Makanan Ini Tidak Menyehatkan

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Salah satu cara agar badan tetap bugar yakni dengan mengonsumsi makanan sehat.

Namun sebagian orang karap salah menilai. Beberapa makan yang dipikir sehat justru berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini 4 makanan yang biasa dianggap sehat padahal tidak sehat melansir dari Henryford.

1. Yogurt Rasa

Yogurt dengan rasa buah yang biasa kamu konsumsi juga bisa saja memiliki kandungan gula yang tinggi.

Sari buah yang terkandung dalam yogurt yang memiliki rasa bisa mengandung gula sekitar 32 gram dalam satu wadah.

Waspadai juga yogurt bebas gula yang biasanya memiliki aspartam, pemanis sintetis yang berbahaya untuk pencernaan. Yogurt tawar (plain yoghurt) dengan buah segar adalah pilihan terbaik.

Oatmeal instan

Oatmeal instan sebenarnya sumber zat besi dan kaya serat. Namun oat meal instan akan berubah menjadi tak sehat jika ditambahkan gula dalam semangkuk oatmeal.

Gula seperti sirup maple, atau sirup cokelat bisa membuat oatmeal yang seharusnya kaya serat, menjadi kaya gula. Lebih baik mencampurnya dengan buah segar atau kacang-kacangan, tanpa menambahkan sirup.

3. Campuran Kacang-kacangan dan Buah Kering

Kacang dan buah biasa menjadi menu diet. Seringkali orang-orang mengonsumsinya dengan tambahan yogurt yang baik untuk pencernaan.

Campuran ini juga terlihat sempurna untuk menjaga kesehatan, tapi sejatinya tidaklah demikian. Buah kering bisa tinggi gula. Apalagi jika ditambah dengan yogurt berlapis kismis atau cokelat.

4. Fruit Bowl

Menu fruit bowl akan tampak sebagai makanan yang sehat. Misalnya pisang, stroberi, acai, granola dan kelapa. Namun, jika semua buah tersebut dikombinasikan dalam satu mangkok, bukan tidak mungkin akan membuat tubuhmu kelebihan gula dan mengalami lonjakan gula darah dan insulin. Sehingga, dapat menyebabkan kenaikan berat badan.