Hindari 4 Jenis Makanan Ini Sebelum Tidur, Bisa Picu Insomnia

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tidur nyenyak menjadi dambaan semua orang untuk merehatkan tubuh setelah beraktivitas seharian. Namun ada kalanya seseorang mengalami susah tidur atau insomnia.

Ternyata salah satu hal yang dapat mengganggu kualitas tidur kita adalah makanan. Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur agar tidak mengganggu kualitas dan waktu tidur. Mengutip lama Kementeria Kesehatan, berikut 4 makanan yang dapat memicu insomnia jika dikonsumsi sebelum tidur.

1. Minuman bersoda atau berkafein

Minuman bersoda atau yang mengandung kafein akan menyebabkan sugar rush dan membuat tubuh tetap terjaga, padahal tubuh kita mungkin sudah kelelahan dan membutuhkan tidur.

2. Protein hewani

Makanan protein hewani seperti daging yang berwarna merah. akan membutuhkan waktu untuk dicerna oleh tubuh, sehingga dapat menyebabkan kram pada perut. Karenanya hindari memakan jenis makanan tersebut sebelum tidur.

3. Minuman beralkohol

Meminum minuman beralkohol akan membuat otak mengalami tekanan dan membuat sistem kerja saraf terhambat. Sehingga jika dimun sebelum tidur hanya aman membuat mata sukit terlelap.

4. Makanan pedas

Makanan pedas akan menyebabkan asam lambung semakin meningkat, akibatnya perut, dada, dan tenggorokan akan merasa terbakar. Hal ini membuat tidur Anda terasa tidak nyaman akibay gas yang berada di dalam perut.

Menghindari berbagai jenis makanan dan minuman diatas sebelum tidur sebaiknya dilakukan  agar kualitas tidur Anda terjaga, sehingga tubuh dapat lebih sehat, bugar, dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari.