4 Tempat Wisata Keren di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Suasana Pantai Indah Bosowa saat matahari terbenam - (foto by Rini)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ada banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi untuk mengisi libur akhir pekan. 

Beberapa diantaranya bahkan menjadi ikon kota Makassar sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Berikut ini 4 rekomendasi tempat berakhir pekan di Kota Makassar.

1. Pantai Indah Bosowa


Pecinta matahari terbenam atau sunset harus mengunjungi tempat wisata yang satu ini. 

Pantai Indah Bosowa menjadi objek wisata baru di Makassar yang sedang viral di media sosial karena suasananya seperti menikmati senja di pulau Bali. 

Selain suasana yang indah, tempat strategis dan mudah dijangkau menjadikan tempat ini ramai dikunjungi utamanya saat akhir pekan. 

Pantai ini berada di Jalan Metro Tanjung Bunga. Tempat ini baru beberapa bulan dibuka untuk umum.

Tempat wisata ini juga terkenal dengan kebersihannya dibandingkan pantai lainnya yang ada di Makassar.


2. Benteng Rotterdam


Bagi Anda yang senang dengan sejarah, bisa memasukkan dalam list objek wisata yang patut dikunjungi saat akhir pekan.

Benteng ini merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Gowa-Tallo yang terletak di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Benteng ini dibangun pada 1545 oleh Raja Gowa ke-10 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung dengan gelar Karaeng Tunipalangga Ulaweng.

Selain suasananya yang tenang, dari benteng ini Anda juga dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam di Pantai Losari. Di tempat ini pula masih terdapat beberapa benda peninggalan Kerajaan Gowa yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung. 


3. Pantai Losari


Pantai Losari merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi favorit warga Makassar untuk menghabiskan waktu bersama, apalagi di waktu sore maupun akhir pekan.

Tak hanya dapat.menyaksikan matahari terbenam, di Anjungan Pantai Losari juga terdapat beberapa spot menarik untuk berswafoto. 

Sederet pendagang kuliner juga terdapat di sekitar pantai ini. Salah satu kuliner yang menjadi ciri khas tempat ini yakni pisang epe, pisang raja yang dibakar dan dijepit hingga pipih lalu diberi saus berupa gula merah cair.


4. Pulau Samalona


Samalona adalah sebuah pulau kecil di Selat Makassar, tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan dan masih masuk dalam wilayah Kota Makassar. 

Keunggulan pulau ini adalah ekosistem bawah lautnya yang menyimpan sejuta pesona.

Banyak sekali hal menarik yang bisa pengunjung lakukan di sini, diantarnya menyelam, berenang, bersantai menikmati keindahan pantai dan berfoto di spot-spot yang keren.