5 Alasan Perlunya Ucapan Terima Kasih ke Pasangan

Ilustrasi salah staub entuk terima kasih kepada pasangan - (foto by: pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Mengucapkan terima kasih ternyata menjadi salah stau kunci menjaga keharmonisan hubungan rumah tangga. Meskipun hanya untuk mengapresiasi hal-hal kecil, dengan mengucapkan terima kasih bisa memberikan dampak luar biasa. Seakan menjadi kata ajaib, ‘terima kasih’ dapat memperkuat hubungan dengan pasangan . 

Psikolog keluarga Widya Astuti menjelaskan apapun yang dilakukan pasangan, jangan sia-siakan usahanya untuk membantu Anda. Jangan lupa ucapkan terima kasih pada pasangan Anda.

“Suami, ucapkan terima kasih atas masakan istri dan kerja kerasnya mengurus rumah dan anak-anak seharian. Istri, mengucapkan terima kasih pada suami karena mau membantu mencuci piring, atau mengajak anak bermain selagi istri bekerja. Hal sederhana seperti mengucapkan terima kasih akan membuat pasangan merasa lebih dihargai,” jelas Psikolog Universitas Negeri Makassar kepada CELEBESMEDIA.ID. 

Berterima kasih kepada pasangan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Bida dengan cara mengatakannya langsung atau mengekspresikannya dalam bentuk senyuman, pelukan kepada pasnagan atau perlakuan romantis. 

Melansir laman Mariage, berikut 5 alasan mengapa Anda harus  mengucapkan terima kasih kepada pasangan. 

1. Membuat pasangan merasa lebih dihargai 

 Terima kasih bukan hanya kata sederhana yang tidak memiliki makna. Kata ini mengartikan Anda telah menghargai usaha pasangan. Perasaan positif yang diciptakan dari kata terima kasih bisa mengusir perasaan diacuhkan atau tidak diperhatikan dalam sebuah hubungan.



2. Meningkatkan rasa percaya diri pasangan

Mengucapkan terima kasih bisa meningkatkan self-esteem atau rasa percaya diri pasangan. Rasa terima kasih akan menurunkan ego satu sama lain. 



3. Meredam amarah pasangan

Ucapan terima kasih bisa meredam emosi atau amarah pasangan. Misalnya ucapan “Terima kasih sudah membelikan makanan” atau “Terima kasih sudah meluangkan waktu” bisa membuat pasangan merasa dihargai dan tidak merasa jengkel. 



4. Memperkuat hubungan emosional dengan pasangan 

Rutin mengucapkan terima kasih bisa memperkuat ikatan emosional satu sama lain. Kebiasaan ini akan membuat Anda dan pasangan merasa lebih nyaman untuk mengungkapkan pendapat. 



5. Hidup lebih bahagia

Manfaat lain dari berterima kasih kepada pasangan dapat membuat hidup lebih bahagia. Orang yang rutin mengucapkan terima kasih akan menghargai setiap usaha yang dilakukan orang-orang di sekitarnya. Ucapan terima kasih menjadi bentuk rasa syukur yang bisa mengurangi stres dan depresi.