Samsung Perkenalkan Galaxy A80, Smartphone dengan Tiga Kamera yang Bisa Diputar. Ini Spesifikasinya

Samsung Galaxy A80 / foto: int

CELEBESMEDIA.ID, BangkokSamsung secara resmi meluncurkan Galaxy A80 dalam sebuah acara di Bangkok, Thailand, Rabu (10/4/2019) kemarin. Smartphone ini bisa masuk dalam kategori flagship, karena kemampuan prosesornya yang jauh di atas prosesor papan tengah pada umumnya.

Selain itu, kamera canggih disematkan pada anggota terbaru dari lini ponsel Galaxy Seri "A" tersebut. Fitur ini berupa kamera berputar yang baru dimiliki pertama kali oleh produk Samsung.

"Galaxy A80 mempunyai fitur super full screen, kamera terbaik, baterai yang bisa bertahan sepanjang hari, dan keamanan informasi," ujar  DJ Koh, President and CEO of IT & Mobile Communications Division at Samsung Electronics, seperti dilansir dari Kompas.com.

Samsung A80 hadir dengan layar penuh tanpa notch atau poni Super AMOLED seluas 6,7 inci dengan resolusi 1.080x2.400 piksel. Samsung A80 mengusung teknologi Sound on Display yang bervibrasi untuk menghasilkan audio.

Bodinya mengusung kaca yang diberi nama 3D Glass yang dibingkai frame metal yang memberi kesan premium.

Ponsel ini terbilang unik karena menghadirkan fitur unggulan yaitu kamera yang bisa diputar. Samsung A80 memiliki 3 kamera utama yang berada di bagian belakang atas. Kamera ini dijadikan satu dalam frame oval yang lumayan besar.

Nah, di bagian depan, tidak nampak lagi kamera selfie seperti kebanyakan smartphone saat  ini. Di sinilah keunikan Samsung A80.

Kamera muncul dengan mekanisme geser (pop up) bagian belakan smartphone saat mengaktifkan mode selfie. Jadi, kamera utama yang ada di belakang ponsel akan otomatis berputar ke depan menjadi kamera selfie. Sistem ini kelihatan canggih seperti robot.

Konfigurasi kamera pada Galaxy A80 yaitu kamera utama 48 megapiksel dengan lensa wide f/2.0, kemudian lensa sekunder ultra-wide 8 megapiksel f/2.2, dan kamera 3D untuk Depth effect.

Sensor kamera 3D Depth (Time of Flight, ToF) Galaxy A80 menawarkan fitur Live Focus pada foto dan video untuk memindai objek-objek dan mengukur dimensi objek serta kedalaman.

Karena utama juga sekaligus sebagai kamera selfie, maka bisa dipastikan hasil selfie akan semakin bagus.

Soal dapur pacu, Samsung memasang prosesor yang berlabel "upper mid-range" dari Qualcomm yakni octa-core Snapdragon 730 yang disetel di 2,2GHz Dual + 1,8GHz konfirgurasi Hexa-core. Prosesor ini dipadu dengan RAM 8GB yang sangat besar. Sebagai perbandingan Samsung S9 saja mengusung RAM 4GB.

Pada smartphone ini juga terdapat beberapa fitur flagship seperti fast charging yang menyokong baterai 3.700mAh dari A80.

Galaxy A80 tersedia dalam tiga warna, yakni Angel Gold, Ghost White, dan Phantom Black. Warna Angel Gold memiliki elemen-elemen merah muda, sementara warna Ghost White menggabungkan beberapa karakteristik biru.

Samsung belum merilis berapa harga yang pantas untuk Galaxy A80. Samsung hanya menjanjikan bahwa smartphone ini akan tersedia di pasar dunia mulai 29 Mei nanti. Apakah smartphone ini akan masuk pasar Indonesia? Samsung belum mau membocorkannya.